Berita Nasional Terpercaya

Kasus Konfirmasi Capai 135 Ribu, Satgas Covid-19 Tekan Angka Kematian

0

BERNAS.ID – Satgas Penanganan Covid-19 mengumumkan total kasus konfirmasi di Indonesia menjadi 135.123 orang, Jumat (14/8/2020). Ada penambahan kasus konfirmasi atau orang yang terkonfirmasi positif terinfeksi virus corona sebanyak 2.307 orang. 

Bertambahnya kasus konfirmasi juga dibarengi dengan penam bahan pasien yang dinyatakan sembuh. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang disampaikan melalui Satgas Covid-19 pada laman www.covid19.go.id, dilaporkan ada penambahan sebanyak 2.060 orang yang sembuh. Dengan demikian ada 89.618 orang positif Covid-19 sudah dinyatakan negatif alias sembuh dari Covid-19. 

Masih ada laporan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang meninggal dunia, yakni sebanyak 53 orang. Dilaporkan ada 6.021 orang Indonesia yang meninggal dunia karena terinfeksi virus corona. Kasus konfirmasi yang dilaporkan setiap harinya masih menunjukkan penambahan yang signifikan sehingga masih butuh kerja keras untuk menekan penyebaran Covid-19. Demikian juga masih adanya warga Indonesia yang meninggal dunia karena terinfeksi virus corona. 

Tekan angka kematian

Sebelumnya, Dewi Nur Aisyah selaku anggota Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menyampaikan tiga cara untuk menekan angka kematian akibat terinfeksi virus corona. Disampaikan Dewi, perlu meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap pasien Covid-19 yang tesebar di berbagai kabupaten/kota.

“PR pemerintah adalah meningkatkan pelayanan kesehatan, memastikan SDM cukup, tempat tidur, ruang isolasi cukup,” terangnya dalam siaran di YouTube BNPB, Kamis (13/8/2020) kemarin. 

Selanjutnya, pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 perlu menjaga daya tahan tubuhnya. Ketiga, apabila masyarakat merasakan muncul gejala Covid-19 maka segera mendatangi fasilitas kesehatan terdekat.

“Segera pergi ke fasilitas pelayanan kesehatan sebelum gejala semakin berat,” lanjut Dewi dikutip Bernas.Id.

Disampaikan Dewi, salah satu penyebab tingginya angka kematian karena Covid-19 di Indonesia adalah pasien yang mendatangi fasilitas kesehatan di tingkat pertama maupun rumah sakit dalam kondisi sakit berat. Akibatnya, banyak pasien positif Covid-19 yang memiliki penyakit bawaan (komorbid) sulit diselamatkan. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.