Berita Nasional Terpercaya

5 Penyebab Sakit Kepala Diantaranya karena Stres dan Pola Makan

0

BERNAS.ID ? Sakit kepala bisa menyerang siapa saja. Bagi kamu yang masih berusia muda, sakit kepala seringkali dianggap remeh. Kebanyakan orang membiarkan sakit kepala itu hilang dengan sendirinya.

Namun, tahukah kamu bahwa sakit kepala bisa menganggu produktivitas seseorang? Tentu untuk menjalani kuliah, mengerjakan tugas, atau menjalankan bisnis kamu butuh fokus dan konsentrasi.

Sebuah studi mengatakan bahwa lebih dari 50 persen populasi orang dewasa di dunia mengidap sakit kepala. Penyebab utamanya adalah bukan hanya karena kesehatan tapi juga gaya hidup.

Agar kamu bisa mengatasi sakit kepalamu, simak beberapa penyebab sakit kepala yang dirangkum dari beberapa sumber.

1. Stres

Stres dan sakit kepala saling terkait. Stres bisa menyebabkan sakit kepala.

Tingkat stres yang tinggi dapat membuat pembuluh darah di otak kamu berdenyut, menyebabkan rasa sakit dan iritasi yang tajam. Stres adalah salah satu pemicu utama sakit kepala tipe tegang.

2. Kurang dan Terlalu Banyak Tidur

Studi menunjukkan bahwa kurang tidur meningkatkan produksi protein dalam tubuh yang menyebabkan nyeri kronis, yang mengurangi kemampuan tubuh untuk meredakan nyeri (menurunkan ambang nyeri tubuh) dan dapat memicu migrain intens dan sakit kepala tegang.

Bagi sebagian orang, tidur lebih lama dari biasanya dapat menyebabkan sakit kepala karena efek tidur berlebihan pada neurotransmiter tertentu di otak, seperti serotonin.

3. Kebiasaan Makan

Makanan yang Anda makan secara langsung terkait dengan kemungkinan timbulnya sakit kepala.

Makan makanan tinggi gula, diet ketat dan melewatkan makan bisa menyebabkan sakit kepala.

Selain itu, makan yang tertunda atau tidak teratur juga dapat memicu sakit kepala karena kadar glukosa darah yang turun terlalu rendah.

Rasa lapar menyebabkan otot Anda menegang, memicu sakit kepala karena tegang.

4. Konsumsi Kafein

Sakit kepala bisa disebabkan oleh overdosis kafein. Orang yang rentan terhadap migrain mungkin mengalami lebih banyak sakit kepala setelah mengonsumsi kopi.

5. Penggunaan Laptop, HP, dan Komputer

Penggunaan gadget secara teratur dan terkontrol tidak akan menyebabkan sakit kepala.

Namun, penggunaan terus-menerus bisa menyebabkan sakit kepala parah yang bisa sangat menyakitkan.

Mata secara biologis tidak dirancang untuk menopang cahaya terang layar komputer selama berjam-jam.

Jadi, jika kamu melihat layar komputer terlalu lama dengan layar, kamu pasti akan mengalami sakit kepala yang parah.(snt)

Leave A Reply

Your email address will not be published.