Berita Nasional Terpercaya

Selain Susu, Ini Sumber Makanan untuk Kesehatan Tulang yang Mudah Didapatkan

0

BERNAS.ID – Seiring bertambahnya usia, kesehatan tubuh juga terus mendapat perhatian. Salah satunya kesehatan tulang mulai dari anak-anak hingga lanjut usia. Demi menjaga kesehatan tulang memang lebih identik minum susu. Padahal, ada berbagai sumber makanan yang baik untuk mendukung pertumbuhan dan kesehatan tulang. 

Kekurangan kalsium bukan hanya berdampak pada tulang. Adapun masalah kesehatan yang dialami seperti mati rasa pada jari dan kaki, tubuh malas bergerak (lemas), kehilangan nafsu makan, kerap mengalami kram otot, hingga kejang-kejang (saraf). Nah, jika harga susu terlalu mahal ataupun tidak bisa mengonsumsi susu, sebenarnya masih ada pilihan sumber kalsium lainnya. 

Sumber makanan itu dapat menguatkan tulang jika tidak mengonsumsi susu. Sehingga susu bukanlah satu-satunya minuman untuk menguatkan tulang. Dilansir Bernas.Id dari berbagai sumber, Minggu (23/8/2020), berikut bahan makanan sebagai alternatif susu: 

Ubi jalar

Magnesium dan kalium memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan tulang. Apabila kekurangan magnesium, berarti ada masalah dengan keseimbangan vitamin D sehingga dapat memengaruhi kesehatan tulang. Sementara itu, kalium bekerja menetralkan asam di dalam tubuh dan melepaskan kalsium dari tulang. Magnesium dan kalium itu terdapat pada ubi jalar berukuran sedang. Namun, rebuslah tanpa tambahan garam. Setidaknya ada 542 miligram kalium dan 31 miligram magnesium. 

Sayuran berdaun hijau

Selain susu, Anda bisa mendapatkan kalsium dari sayuran berdaun hijau. Sayuran ini mudah didapatkan di Indonesia sehingga tak perlu khawatir. Sayuran yang dimaksud antara lain bayam, bok choy, lobak, dan kubis. Sayuran hijau gelap juga mengandung vitamin K, yang dapat mengurangi risiko terkena osteoporosis. Terdapat kandungan kalsium, magnesium, dan vitamin K di dalam sayuran hijau seperti bayam. 

Tahu

Makanan yang satu ini memang sudah populer di tengah masyarakat. Tahu dapat diolah menjadi beragam masakan mulai digoreng, direbus, hingga ditumis dengan aneka tambahan bumbu dan sayuran. Bahkan, tahu menjadi andalah lauk maupun masakan di berbagai daerah. Meski harganya murah, makanan yang terbuat dari kedelai ini memiliki manfaat untuk kesehatan tulang. 

Kacang almond

Inilah sumber kalsium yang paling kaya di antara jenis kacang lainnya. Kacang almond mengandung magnesium, kaya akan serat, asam lemak omega-3. Selain itu, almond juga mengandung lemak sehat yang dapat meningkatkan kesehatan otak, jantung, maupun usus. 22 butir kacang almond atau 28 gram kacang tersebut bisa memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda. 

Itulah beberapa alternatif bahan makanan yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tulang maupun kesehatan tubuh. Bahan makanan tersebut mudah ditemukan dan harganya terjangkau. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.