Berita Nasional Terpercaya

Penjual Warung Soto Lamongan Positif Covid-19, Warung Ditutup

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Sebuah warung soto Lamongan di Umbulharjo Yogyakarta terpaksa ditutup sementara. Sang pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19 membuat usaha kuliner tersebut terpaksa tutup. 

Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Jogja, Heroe Poerwadi menyebutkan ada satu tambahan kasus Covid-19 yang merupakan pedagang soto Lamongan. “Penjual soto terkonfirmasi positif dan mereka ini biasa berjualan di depan XT Square,” papar Heroe Rabu (26/8/2020).

Ia sudah meminta pemilik usaha untuk tidak membuka lalu warung yang bersangkutan dan melakukan proses penyemprotan disinfektan. Pihaknya juga meminta seluruh pembeli yang membeli Soto Lamongan yang terletak di depan XT Square ini dalam kurun Agustus 2020 melakukan isolasi mandiri.

“Kalau bergejala kita periksa di RS Jogja atau layanan rumah sakit lain yang memungkinkan,” katanya. 

Heroe menjelaskan mulanya pedagang yang bersangkutan mengalami demam pada 9 Agustus 2020. Selanjutnya pedagang tersebut melakukan pemeriksaan, pada 19 Agustus 2020 diperiksa melalui Swab hasilnya keluar Senin (24/8) dan dinyatakan positif.

Kasus positif di bidang usaha kuliner ini membuat Heroe mengingatkan kembali seluruh layanan yang melibatkan masyarakat baik sosial, publik, ekonomi, di level apapun kaki lima sampai resto harus selalu serius menjalankan protokol Covid-19. “Ini menunjukkan (Covid-19) bisa terjadi di mana pun,” jelasnya. 

Menyangkut inspeksi rutin terhadap protokol Covid-19 di berbagai bidang usaha, Heroe menyebutkan hal itu terus dilakukan rutin oleh wilayah melalui camat dan lurah. Namun pihaknya menyebutkan banyaknya jumlah pedagang di suatu wilayah, membuat monitoring dan pengawasan dilakukan secara acak. “Yang penting kesadaran pengusaha untuk menerapkan (protokol Covid-19) serius, jangan segan-segan mengingatkan protokol Covid-19 untuk dijalankan,” tegasnya. (den)

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.