Berita Nasional Terpercaya

8 Tips Bimbingan Skripsi Online Agar Kamu Cepat Lulus

0

BERNAS.ID – Beberapa kampus sudah mulai melaksanakan kegiatan akademik meskipun pandemi masih belum usai.Tentu akan ada banyak tantangan mulai dari dosen, mahasiswa baru, hingga mahasiswa ?tua?.

Sebagai mahasiswa ?tua? kamu perlu segera menyelesaikan masa studimu. Hal itu mengingat terdapat batasan masa studi di kampus. Di samping itu, kamu juga dapat membantu orang tuamu mengurangi biaya pengeluaran.

Berikut tips bimbingan skripsi online agar kamu cepat lulus. Tentu tak mau kan disebut mahasiswa abadi. 

1.Buat Janji dengan Dosen

Hal pertama yang perlu kamu lakukan ialah membuat janjian bimbingan dengan dosen. Jangan pernah datang untuk bimbingan tanpa membuat janji sebelumnya. Bisa jadi, dosen akan sangat sibuk ketika kamu hendak melakukan bimbingan tanpa membuat janji. Alhasil, kamu tidak jadi melangsungkan bimbingan skripsi.

2.Pastikan Media Bimbingan

Selanjutnya, kamu perlu menyepakati media bimbingan skripsi dengan dosen. Entah melalui whatsapp, email, zoom, atau aplikasi lain. Terkadang, media bimbingan tidak sama dengan sebelumnya, apabila kamu sudah pernah melakukan bimbingan skripsi.

3.Persiapkan Skripsi dengan Maksimal

Sebelum skripsi, hendaknya kamu menyiapkan skripsimu dengan maksimal. Hal itu penting agar tidak banyak revisi yang perlu kamu lakukan. Ketika revisi skripsi sedikit, tentunya akan menghemat waktumu dalam bimbingan.

4.Kenakan Pakaian Sopan

Meskipun bimbingan dilaksanakan secara daring, kamu tetap perlu mengenakan pakaian rapi dan sopan. Apalagi bimbingan skripsi dilaksanakan melalui panggilan video. Hal itu terutama untuk menghargai dosen pembimbing skripsi. Di samping itu, kesan baik pada awal bimbingan juga penting.

5.Rekam Pembicaraan

Tips ini sangat berguna bagi kamu yang pelupa. Kamu dapat merekam pembicaraanmu ketika bimbingan. Tujuannya agar kamu tidak lupa saran yang telah diberikan oleh dosen.

6.Segera lakukan Revisi

Tidak perlu menunda revisi skripsi. Lebih baik lagi, revisi skripsi dikerjakan sesaat setelah bimbingan. Hal itu akan membantu kamu, karena saran dari dosen masih segar di ingatan. Di samping itu, dosen akan menilai dirimu sebagai seseorang yang memiliki daya juang tinggi.

7.Aktif Mengingatkan Dosen

Tentu kamu akan kesal ketika kamu mengirimkan pesan kepada dosen hanya dibaca saja oleh beliau. Namun, tidak perlu mengingatkan dosen setiap saat. Waktu yang tepat untuk mengingatkan dosen ialah dua hari setelah kamu mengirimkan pesan.

8.Hindari sikap Ngeyel

Perbedaan pendapat dalam bimbingan adalah hal yang wajar. Namun, perbedaan pendapat antara dosen dan mahasiswa hendaknya dalam konteks diskusi ilmiah. Apabila dosen menolak draf skripsimu, lawanlah dengan argumen ilmiah. Hindari sikap ngeyel dan keras kepala.

Delapan tips di atas akan membantumu melaksanakan bimbingan dengan lancar. Jadi, kapan kamu akan memulai menulis dan bimbingan skripsi?(snt)

Leave A Reply

Your email address will not be published.