Berita Nasional Terpercaya

8 Tips Cepat Lulus dan Meraih Gelar Cumlaude

0

BERNAS.ID – Setiap orang pasti memiliki goals dalam hidupnya masing-masing. Khususnya dalam Pendidikan, contohnya mahasiswa yang berlomba-lomba untuk lulus cepat dengan IPK yang tinggi. Karena Lulusan cum laude juga dapat menjadi salah satu faktor kita mudah mencari perkerjaan.

Untuk masing-masing kampus pasti memiliki persyaratan dalam menentukan mahasiswa Cum laude. Lulusan cumlaude wajib mendapatkan nilai A dan maksimal B untuk meraih IPK cumlaude yang ditetapkan kampus.

untuk  mahasiswa yang ingin menjadi salah satu lulusan cumlaude juga harus memiliki strategi loh. Strategi itu dapat membantu kamu dalam proses pencapaian cum laude.

Yuk, bagi kamu yang ingin cumlaude baca tips yang akan diberikan pada tulisan ini. Berikut 8 tips cepat lulus meraih gelar cumlaude.

1.Target IPK

Saat menjadi mahasiswa baru dan berencana untuk lulus dengan gelar cum laude. Kamu dapat membuat targer IP dari semester awal hingga akhir. Biasanya di semester awal-awal kamu dapat mempertahankan IP yang tinggi agar tidak kesulitan pada semester akhir. Untuk kamu pejuang cum laude tidak boleh ber IPK dibawah IPK kententuan Cum laude ya.

2.Perhatikan kontrak belajar

Kamu dapat memahami dengan benar berapa persen penilaian yang dia ambil dari tugas atau ujian yang diberikan untuk hasil akhir. Kamu juga harus memperhatikan presentase kehadiran, yang banyak disepelekan tetapi sangat berpengaruh pada nilai.

3.Perhatikan cara kerja dosen

Memperhatikan perkuliahan dosen adalah hal yang penting tetapi lebih baik lagi jika kamu mengetahui karakter dari setiap dosen pengampu. Kamu harus paham bagaimana dosenmu menilai mahasiswa diluar dari kontrak belajar seperti attitudemu yang harus dijaga dan lain-lain,

4.Aktif di kelas

Aktif dikelas merupakan nilai plus mahasiswa saat berlangsungnya proses akademik. Banyak dosen yang senang dengan mahasiswa aktif karena merasa kelas menjadi productid dengan adanya diskusi. Percaya tidak percaya beberapa dosen akan memberi nilai yang tinggi jika melihat kamu aktif dikelas.

5. Mengerjakan tugas sesuai deadline

Setiap pemberian tugas pada mahasiswa, dosen selalu menentukan deadiline. Untuk itu mahasiswa harus mengerjakan tugas semaksimal mungkin agar nilai yang didapatkan maksimal pula. Jadi jangan coba-coba untuk terlambat untuk mengumpulkan tugas karena sangat berpengaruh dalam penilaian.

6.Baca dan baca

Menjadi mahasiswa harus memiliki kebiasaan membaca yang teratur. Ini dapat memudahkan kamu untuk berdiskusi dikampus. Banyak membaca juga membantu kamu mudah untuk mengerjakan tugas dan ujian. Hal ini sangat membantu kamu sang pejuang cum laude untuk lebih maksimal lagi dalam proses akademik.

7. Tentukan Teknik Belajar yang tepat

Untuk meraih cum laude kamu harus memiliki merode belajar cepat dan tepat. Kamu harus memahami dimana potensi kalian memahami pelajaran dengan cepat dan tepat contohnya apakah dengan membaca, mencatat atau mendengar. Kalian harus benar-benar paham indera bagian tubuh manakah yang dapat membantu kalian belajar dengan cepat.

8.Pandai membagi waktu

Untuk seorang mahasiswa pasti memiliki keinginan untuk aktif di dalam kampus. Tetapi bagi kamu yang ingin lulus dengan gelar cum laude harus pintar membagi waktu. Kamu harus mengelola waktumu agar dapat meprioritaskan mana yang penting dan mana yang kurang penting, hal tersebut membantu aktivitas kamu lebih aktif tetapi tetap efisien.(snt)

Leave A Reply

Your email address will not be published.