Berita Nasional Terpercaya

7 Tips UMKM Bangkit di Era New Normal

0

BERNAS.ID – Pandemi COVID-19 membawa dampak besar bagi para pelaku bisnis, terutama Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Banyak UMKM terpukul karena tidak bisa menjalankan usahanya dengan normal atau mengalami kebangkrutan.

Baca juga: 3 Cara Membeli Saham Bagi Pemula dengan Mudah

Meski demikian, UMKM perlu bangkit dari ‘krisis’ tersebut. Era new normal dapat menjadi langkah awal bangkitnya UMKM. Berikut tips bagi para pelaku bisnis UMKM agar dapat bangkit di era new normal.

1. Manfaatkan Media Sosial

Hal pertama yang dapat dilakukan oleh para pelaku UMKM ialah memanfaatkan sosial media. Media sosila dapat menjadi wadah untuk membangun brand sekaligus media promosi. Di samping itu, media sosial juga dapat menjadi tempat interaksi antara penjual dan pembeli. Kamu dapat menggunakan akun pribadi atau menggunakan membuat akun khusus bisnis, bila diperlukan.

Baca juga: 6 Langkah Belajar Investasi dan Trading Saham dari Nol

2. Youtube

Berbeda dengan media sosial, youtube dapat mempromosikan barang dan jasa yang kamu tawarkan dalam bentuk video. Keunggulannya terletak pada durasi yang lama pada video tersebut. Semakin konsumen paham akan barang atau jasa yang kamu jual, maka produk yang kamu jual akan dikenal secara luas.

Baca juga: Mengenal Trading Saham dan Cara Jitu Jadi Trader Handal

3. Patuhi Protokol Kesehatan

Protokol kesehatan untuk era new normal sangat penting. Hal tersebut dapat mengurangi resiko penularan penyakit, terutama COVID-19. Di samping itu, kamu juga dapat membangun brand bahwa usahamu aman dan sehat. Hal tersebut berguna untuk meningkatkan kepercayaan konsumen pada usaha bisnismu.

Baca juga: 7 Cara Main Saham Bagi Investor Pemula dengan Mudah

4. Disiplin

Sikap disiplin memang wajib dimiliki oleh setiap pelaku usaha. Mulai dari hal sepele seperti jam buka toko hingga penerapan protokol kesehatan secara ketat. Hal itu berguna agar konsumen nyaman terhadap pelayanan yang kamu berikan.

Baca juga: 4 Cara Menghitung Harga Saham Per Lembar Agar Tidak Terkecoh

5. Dokumentasi

Bila perlu, dokumentasikan cara kerja para karyawanmu. Salah satu tips yang dapat kamu lakukan ialah mendokumentasikan kerja karyawan yang tetap mematuhi protokol kesehatan. Mulai dari karyawan yang memakai masker hingga memakai Alat Perlindungan Diri (APD). Hal itu menambah tingkat kepercayaan konsumen bahwa bisnismu benar-benar bersih dari korona.

Baca juga: 4 Cara Akurat untuk Menentukan Support dan Resistance Harga Saham

6. Manfaatkan E-Commerce

Layanan e-commerce sudah sangat banyak. Cara mendaftarkan bisnis pada layanan e-commerce pun juga sangat mudah. Kamu dapat memanfaatkan layanan ini sebagai media distribusi produk usahamu.

Baca juga: Inilah Bedanya Karakteristik Obligasi dan Saham

7. Adaptasi dan Inovasi

Cepat beradaptasi dengan perubahan merupakan salah satu faktor penting suatu usaha bisnis dapat bertahan. Bukan tidak mungkin era new normal ini akan membawa perubahan yang cepat. Untuk itu, kamu harus bisa beradaptasi dan melakukan inovasi agar usaha bisnismu dapat bertahan.

Era new normal merupakan tantangan tersendiri bagi para pelaku usaha, terutama UMKM. Setelah dilanda ‘krisis’ pada masa pandemi, kini saatnya para pelaku usaha UMKM untuk bangkit.(snt)

Baca juga: Mengenal Forex Trading dan Platform Terbaiknya

Leave A Reply

Your email address will not be published.