Berita Nasional Terpercaya

Tren Popularitas Naik, Reno Optimis Sampai Batas Akhir Pendaftaran di KPU

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Sebanyak 53 relawan Sembodo 2020 melakukan survei terkait elektabilitas Reno Candra Sangaji untuk maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Sleman 2020 nanti. Survei dengan 1.325 kuesioner ini dilakukan di 1.212 pedukuhan yang tersebar di 86 kelurahan dan 17 kecamatan di Kabupaten Sleman dari tanggal 21-27 Agustus 2020.

Ahli Statistik, Rahardiyono, selaku penyampai hasil survei elektabilitas mengatakan untuk pertanyaan, apakah sudah punya pilihan bakal calon bupati? “Ada 16 persen responden menjawab sudah dan 84 persen menjawab belum atau tidak tahu,” katanya saat pemaparan. 

“Untuk survei calon yang diinginkan, laki-laki atau perempuan? Sebanyak 85 persen responden menjawab laki-laki dan 15 persen menjawab perempuan,” imbuhnya.

Untuk pertanyaan Reno merupakan figur atau sosok yang diinginkan sebagai Bupati Sleman, Rahardiyono menyebut 46 persen menjawab ya, 2 persen menjawab tidak, dan 52 persen menjawab tidak tahu. “Untuk pertanyaan darimana Anda kenal sosok Pak Reno, prosentase paling tinggi ada di medsos dan baliho. Sebanyak 23 persen menjawab dari medsos dan 35 persen dari baliho. Sisanya, mengenal dari saudara, surat kabar, organisasi, media elektronik, dan teman,” ucapnya.

Lalu, untuk pertanyaan, Anda tahu Reno menyalonkan sebagai kandidat calon bupati Sleman, Rahardiyono menyebut 42 persen menjawab sudah dan 58 persen menjawab belum atau tidak tahu. Untuk pertanyaan saudara sudah tahu tanggal pelaksanaan pilkada, Rahardiyono menyebut 48 persen menjawab ya dan 52 persen menjawab tidak tahu. 

Sedangkan, Kuwat selaku Ketua Tim Sukses mengatakan pihaknya akan terus berupaya untuk mendapatkan kendaraan. “Ini belum final. Finalnya, tanggal 6 September pukul 24.00 WIB. Kita masih punya keyakinan, semuanya masih bisa berubah,” katanya. 

“Saya tetap pada posisi optimis, tapi misalkan harus memilih, kita akan memilih yang terbaik bagi Sleman,” imbuhnya.

Sementara itu, Reno Candra Sangaji, selaku kandidat calon bupati Sleman dan Lurah Condongcatur Sleman menyampaikan sikap politiknya menanggapi hasil survei. “Dari statistik yang disampaikan survei, tren kita naik sebagai sosok yang baru,” ucapnya. 

“Hal yang ditunggu-tunggu KPU nanti, surat rekomendasi dari DPP yang harus diperlihatkan, akan jatuh pada siapa. 
Saya belum mendapatkan bocoran resmi baik dari tokoh politik di tingkat lokal dan pusat. Artinya saya di sini sebagai pribadi, sampai hari ini, kami masih on fire sampai tanggal 6 September nanti, pukul 00.00 WIB, sampai batas akhir pendaftaran,” imbuhnya. 

Reno mengatakan kita semua seluruh masyarakat pasti menginginkan sebuah perubahan di Sleman. “Sampai saat ini saya masih merasa yang mampu membuat perubahan Reno for Sleman 1. Politik itu dinamis dan harus memilih, nanti pasti ada kejutannya sehingga apa yang kami sampaikan semoga bermanfaat bagi masyarakat luas,” tuturnya.

“Bila rakyat menghendaki, insya Allah bismillah siap mengabdi di manapun jabatan politik,” tutupnya.(jat

 

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.