Berita Nasional Terpercaya

7 Cara Hemat Kuota Saat Jalani Kuliah Online Selama Pandemi COVID-19

0

BERNAS.ID – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah menetapkan bahwa pembelajaran semester gasal tahun ajaran 2020/2021 dilakukan secara daring. Oleh karena itu, kuota internet yang cukup merupakan hal mutlak agar proses pembelajaran terlaksana dengan baik.

Sering kali, kita mendapatkan notifikasi pesan bahwa kuota internet telah habis secara tiba-tiba. Padahal, kita merasa bahwa penggunaan internet selama ini normal dan hemat. Tentunya hal itu akan menambah anggaran bulanan kita untuk membeli kuota.

Berikut cara menghemat kuota internet agar kamu tidak cepat kehabisan kuota saat kuliah daring seperti sekarang.

1. Maksimalkan Wifi

Apabila kamu berada di Café atau tempat umum yang menyediakan fasilitas Wifi gratis, maka gunakanlah fasilitas itu. Tentunya hal ini akan menghemat kuota internetmu. Di samping itu, kamu juga bisa menggunakan momen ini untuk memperbaharui aplikasi yang ada di ponselmu.

2. Matikan Fitur Auto Sync

Fitu auto sync akan menyala secara default. Hal ini berguna agar aplikasi yang ada di android disinkronkan dengan akun Googlemu. Tentunya, hal ini akan cukup menguras kuota internetmu.

Untuk mematikan fitur ini dengan pergi aplikasi setelan pada ponsel. Pilih opsi account. Apabila tidak ditemukan, maka pilih account & sync. Lalu, matikan auto-sync data.

Kamu juga dapat memilih beberapa aplikasi yang tidak ingin kamu sinkronkan secara otomatis.

3. Cegah Aplikasi Menggunakan Data saat Tidak Digunakan

Pada beberapa aplikasi dapat menggunakan data internet meskipun tidak sedang digunakan. Hal ini berfungsi untuk menjaga aplikasi tetap up to date. Sayangnya, hal ini cukup menguras kuota internetmu.

Cara menonaktifkan fitur ini cukup dengan pergi ke settings dan ketuk data usage. Langkah selanjutnya, pilih aplikasi yang diinginkan. Kemudian, ketuk aplikasi tersebut dan nyalakan fitur restrict background data. Lalu, klik OK.

4. Update Aplikasi hanya Menggunakan Wifi

Update aplikasi ponsel secara otomatis sering menjadi momok bagi kuota internet. Sering kali, update aplikasi membutuhkan data yang cukup besar.

Lebih baik kamu hanya memperbaharui aplikasi melalui koneksi Wifi. Cara menaktifkan fitur ini cukup simpel. Pergi ke aplikasi Play Store, kemudian pilih Menu. Berikutnya, masuk pada bagian settings lalu pilih auto-update apps. Terakhir pastikan kamu memilih Auto-update apps over Wifi Only.

5. Ubah Mode Maps menjadi Offline

Fitur peta pada android memang memudahkan kita untuk mencari lokasi. Namun, kita tidak sadar bahwa fitur ini akan memakan banyak kuota internetmu.

Padahal terdapat fitur maps yang dapat digunakan secara offline. Kamu dapat mengunduh peta yang kamu inginkan untuk digunakan secara offline.

Pada aplikasi Google Maps, pergi ke menu, lalu pilih Offline Maps. Kemudian, pilih Select Your Own Map dan mulailah mengunduh peta yang kamu inginkan. Namun, pastikan menggunakan Wifi ketika kamu mengunduh peta tersebut.

6. Matikan Fitur Wi-Fi Assistance

Fitur ini memungkinkan perangkat android untuk secara otomatis memilih sinyal yang lebih baik antara Wifi atau mobile data. Namun, hal itu berdampak buruk apabila kuota kita pas-pasan.

Cara mematikannya dengan pergi ke aplikasi settings. Kemudian, pilih menu Wifi lalu Additional Settings. Di sana kamu akan menemukan fitur Wi-Fi Assistant. Pastikan fitur tersebut sudah nonaktif.

7. Ubah Kebiasaan Menggunakan Internet

Cara terakhir yang dapat kamu lakukan ialah dengan mengubah kebiasaanmu menggunakan internet. Pastikan kamu menggunakan kuotamu sesuai kebutuhan.(snt)

Leave A Reply

Your email address will not be published.