Berita Nasional Terpercaya

Masyarakat Paham Kewajiban Pakai Masker, Doni Monardo: Butuh Kesadaran Individu

0

BERNAS.ID – Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyampaikan kepatuhan masyarakat memakai masker di tengah pandemi Covid-19 masih rendah. Dijelaskan Doni, berdasarkan data yang dihimpun Satgas Penanganan Covid-19 dan beberapa lembaga lainnya, sebenarnya warga paham akan kewajiban menggunakan masker. Persentasenya mencapai 90 persen. 

“Data yang telah kita berhasil kumpulkan dan research beberapa lembaga 90 persen masyarakat sudah paham tentang kewajiban menggunakan masker,” terang Doni dalam siaran pers melalui Instagram Kemenko Perekonomian RI, Minggu (30/8/2020).

Meski paham tetapi tingkat mematuhi kewajiban menggunakan masker untuk menekan Covid-19 masih rendah. Menurutnya, masih di bawah 70 persen, bahkan ada daerah yang di bawah 50 persen. Kepala BNPB itu mengatakan sanksi bagi yang tidak patuh memakai masker memang harus diikuti kesadaran warga. Meski terkesan mudah, tetapi memakaia masker sebagai bagian kebiasaan dalam beraktivitas membutuhkan kesadaran dari warga.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 berharap masyarakat mematuhi anjuran penggunaan masker untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. Selain itu, ia mengingatkan Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan Instruksi Presiden No.6 Tahun 2020 tentang sanksi tidak disiplin protokol kesehatan. Doni mengingatkan kesadaran diri sendiri lebih baik daripada ada dorongan penegakan hukum.

“Oleh karenanya kami mengharapkan ada sebuah kesadaran. Bukan hanya kesadaran individu, tetapi kesadaran kolektif,” tegasnya. 

Kesadaran dan kepatuhan masyarakat menjadi kunci menekan penyebaran Covid-19 di Indonesia. Berdasarkan data yang dihimpun Kementerian Kesehatan RI, kasus konfirmasi atau pasien positif Covid-19 di Indonesia mencapai 172.053 orang per Minggu (30/8/2020). 124.185 orang di antaranya sudah sembuh dan 7.343 orang meninggal dunia. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.