Berita Nasional Terpercaya

Anak Kecanduan Main Gadget, Ini 6 Dampak Buruknya

0

BERNAS.ID – Siapa sih yang tidak bisa terlepas dari gadget di jaman ini? Hampir teknologi yang kita gunakan semuanya menggunakan gadget, seperti dalam pekerjaan, sampai mengisi waktu senggang.

Di era digital ini orang tidak bisa lepas dari handphone, bahkan tanpa sadar orangtua saat ini melakukan electronic parenting. Misalnya saja ketika anak menangis orang tua langsung memberikannya gadget agar diam, atau mau makan.

Kebiasaan seperti ini akan menimbulkan dampak negatif bagi perkembangan anak. Berikut 6 dampak buruk kecanduan gadget pada anak.

1. Tidak baik untuk perkembangan otak

Menurut penelitian, semakin lama bermain gadget bagian kelabu pada otak bagian depan terus bertambah hal ini akan mempengaruhi IQ anak jadi lebih rendah.

2. Bahaya radiasi

Radiasi yang dikeluarkan dari gadget sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh terutama kesehatan mata. kegiatan menata gadget menimbulkan beberapa efek samping seperti mata merah dan berair hal ini karena kurangnya frekuensi berkedip. Manusia pada umumnya akan berkedip sebanyak 15 kali setiap menitnya namun ketika melihat layar gadget intensitas berkedip akan menurun.

3. Berdampak pada perkembangan motorik anak

kecanduan gadget membuat anak tidak mau beraktivitas fisik seperti bermain bersama teman-temannya dan mengekspor lingkungan sekitar. Jika anak tidak terbiasa dengan aktivitas fisik ajaklah secara bertahap melakukan aktivitas fisik selama 1 jam setiap hari seperti bermain, lari-larian dan sebagainya.

4. Berdampak pada kemampuan berbicara

Terlalu sering bermain gadget dapat mempengaruhi penyerapan kosakata pada anak sekitar 500 sampai 1000 kata.

5. Anak menjadi lebih emosional

Kecanduan gadget dapat membuat anak menjadi lebih emosional. Contohnya ketika sedang asyik menonton tiba-tiba gadgetnya diambil dia akan lebih merasa marah.

Selain itu, anak menjadi lebih apatis, tidak mau diajak bermain di luar, bangun tidur yang dicari gadget dan lain-lain.

6. Berpengaruh terhadap adaptasi dan perilaku sosial

Terlalu sering bermain gadget akan berpengaruh terhadap adaptasi dan perilaku sosial. Hal ini memungkinkan anak menjadi generasi yang cuek dan tidak peduli terhadap lingkungan sekitar.(snt)

Leave A Reply

Your email address will not be published.