Berita Nasional Terpercaya

Di Tengah Pandemi, BNN Waspadai Peredaran Narkoba di Angkutan Sembako

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mendeklarasikan zona integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Selasa (8/9/2020). Kegiatan dihadiri segenap pimpinan, jajaran, dan pegawai BNNP DIY.

Penandatanganan piagam Pencanangan Pembangunan Zona Integrasi diikuti berbagai perwakilan beberapa instansi sebagai saksi, misal dari Polda DIY, Bea Cukai, Korem 072/Pamungkas, Kejaksaan Tinggi, Kemenkumham, dan Kesbangpol DIY. 

Kepala BNNP DIY, Brigjen Pol Drs Nanang Hadiyanto berharap jajarannya dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya setelah deklarasi pencanangan zona integritas. “Mohon doanya, saya beserta jajaran dapat melaksanakan dengan sebaik-baiknya demi kejayaan negara, khususnya tentang P4GN tentang pencegahan, pemberantasan, dan rehabilitasi terhadap narkoba sehingga Yogyakarta bersih dari narkotika,” jelasnya ke awak media.

“Deklarasi ini merupakan komitmen janji setia untuk melakukan sungguh-sungguh dari pimpinan teratas sampai ke bawah. Pencanangan ini juga akan dilakukan BNN kota dan kabupaten,” imbuhnya. 

Terkait peredaran narkotika, BNNP Yogyakarta mewaspadai peredaran narkoba di beberapa tempat yang berubah pola saat pandemi Covid-19, misal memakai angkutan sembako. “Mereka menggunakan situasi itu seperti yang terjadi belum lama, ditemukan 200 kilogram sabu-sabu di Jakarta di angkutan sembako. Kalau nggak ketangkap mungkin sudah sampai di sini dampaknya.  Di sini kami sedang mendalami, mempelajari, mungkin ada yang lolos,” benernya.

“Informasi dari masyarakat sangat kita butuhkan. Pola narkoba di daerah lain seperti itu, kita lihat di daerah kita. Analogi kita seperti itu,” tambahnya. 

Untuk jenis narkotika baru di Yogyakarta, dia mengatakan masih mempelajari. “Yang jelas narkoba jenis baru itu, di semua daerah ada. Kalau BNN merilis ada 76 narkoba jenis baru yang belum masuk ke Permenkes Nomor 5 tahun 2020. Ini yang perlu kita waspadai,” ucapnya. 

Terkait musim mahasiswa baru yang berpotensi menjadi pasar narkotika, ia menjawab dari jumlah yang direhab, umur-umur berapa pemakainya. “Biasanya usia produktif, pelajar. Sasaran dari BNN akan memberikan informasi layanan narkoba ke segmen-segmen itu mencegah pemakai pemula,” tuturnya.

“Pesan kepada masyarakat yang rawan terpapar narkoba pemula, cari kawan yang baik. Yang mau dalam suka dan duka, tapi dalam hal positif. Hindari kegiatan negatif yang merugikan kita,” tutupnya. (jat

 

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.