Berita Nasional Terpercaya

75 Persen dari Populasi Pakai Masker! Satgas Covid-19: Kita Melindungi Diri dan Negeri

0

BERNAS.ID – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 kembali meminta saling melindungi dari penyebaran virus corona. Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito meminta agar semua pihak mengampanyekan penggunaan masker sebagai upaya melindungi diri dan orang lain. Dengan begitu, dapat menakan penyebaran Covid-19. 

“Agar kita melindungi, jangan sampai droplet yang keluar dari diri kita sendiri atau dari orang lain mengenai pihak lainnya. Jika lebih dari 75% penduduk patuh menggunakan masker, maka Covid-19 dapat turun secara drastis,” terang Prof. Wiku, saat jumpa pers di Kantor Presiden, Selasa (8/9/2020) seperti dikutip Bernas.Id dari laman www.covid19.go.id. 

Wiku menjelaskan hasil penelitian lainnya di Amerika, penggunaan masker kain oleh 80% populasi akan mengurangi 34 hingga 58% penambahan kasus kematian (Eikenberry et al, 2020). Hasil penelitian itu menyatakan bahwa permodelan penggunaan masker oleh minimal populasi tersebut sudah terbukti menekan peningkatan kasus baru dan kematian. 

Oleh karenanya, Satgas Penanganan Covid-19 nasional menargetkan paling tidak penggunaan masker berkisar 70-75% dari populasi di Indonesia secara tertib. Harapannya dapat menekan kasus positif baru di berbagai daerah. Ia mengajak masyarakat untuk membuktikan target tersebut. 

“Mari kita buktikan ini menjadi target kita bersama, karena kita ingin melindungi diri dan kita ingin melindungi negeri,” harap Wiku. 

Kasus Covid-19 per 9 September

Kementerian Kesehatan RI melalui Satgas Penanganan Covid-19 melaporkan ada penambahan kasus konfirmasi baru sebanyak 3.307 orang, Rabu (9/9/2020). Dengan begitu, total kasus konfirmasi Covid-19 di Indonesia mencapai 203.342 orang. Sementara itu, terjadi penambahan kasus sembuh sebanyak 2.242 orang sehingga jumlahnya menjadi 145.200 orang.

Dilaporkan pula kasus konfirmasi Covid-19 yang meninggal dunia bertambah 106 orang dan totalnya menjadi 8.336 orang. Pemerintah terus mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.