Berita Nasional Terpercaya

Razia Masker, 3 Warga Diberi Sanksi Sosial

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD), seperti Dinas Perijinan Modal, Dinas Sosial, dan Dinas Dukcapil Kabupaten Sleman menjadi sasaran inspeksi mendadak (sidak) Bupati Sleman, Sri Purnomo, bersama Kasatpol PP Kabupaten Sleman, Arip Pramana, beserta jajarannya terkait pemakaian masker di tempat umum.

Selain ke OPD, kegiatan tersebut juga menyasar masyarakat yang beraktivitas di lapangan Denggung, Sleman, Kamis (10/9/2020). Sidak tersebut bertujuan mendisiplinkan ASN dan masyarakat umum untuk selalu memakai masker di tempat umum.

Bupati Sleman menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar selalu menerapkan kebiasaan baru demi mencegah penyebaran Covid-19, khususnya di Kabupaten Sleman.

“ASN harus mampu menjadi teladan untuk menerapkan kebiasaan baru serta Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” ujarnya.

Sedangkan, Sutriyanta, selaku Plt Kepala Bidang Penegakan Peraturan Perundang-undangan Satpol PP Sleman, mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan upaya penegakan Perbup Sleman Nomor 37.1 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019.

Dalam kegiatan tersebut, lanjutnya, setidaknya ada tiga orang yang terjaring sidak masker, yang merupakan masyarakat yang berada di sekitar lapangan Denggung. Sanksi yang diberikan pun beragam, seperti menyanyikan lagu “Indonesia Raya” atau menghafal Pancasila, serta menyapu.

?Sanksi ada beberapa macam. Di antaranya sanksi sosial termasuk menyapu seperti yang tadi. Sanksi olahraga, push up dan lainnya. Lalu ada sanksi bela negara termasuk membaca Pancasila dan menyanyikan lagu wajib,” ujar Sutriyanta.

Ia berharap tidak perlu lagi ada sanksi sosial seperti yang disebutkan di atas. “Harapan kita masyarakat semua sadar tentang penerapan protokol kesehatan di tempat umum, salah satunya dengan selalu memakai masker,” tutupnya. (jat

 

 

 

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.