Berita Nasional Terpercaya

Hotel di DIY Sudah Rasakan Imbas Rencana PSBB Jakarta

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID ? Rencana Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total di DKI Jakarta mulai Senin (14/9/2020), sudah dirasakan dampaknya pada pelaku pariwisata di DIY khususnya di bidang perhotelan. Namun mereka menegaskan akan tetap melayani tamu dengan protokol pencegahan Covid-19.

Ketua lndonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) DPD DIY, Herryadi Baiin mengatakan PSBB di Jakarta yang diperketat kembali dapat berdampak secara ekonomi pada wilayah-wilayah lainnya.

Menurutnya, akhir-akhir ini DIY sebenarnya sudah mulai ramai wisatawan dengan diterapkannya adaptasi kebiasaan baru, dimana aktivitas masyarakat mulai berjalan dengan protokol pencegahan Covid-19. Ia menjelaskan, tingkat hunian kamar hotel telah menunjukan tren yang baik, dari Juli ke Agustus cukup lumayan peningkatannya sekitar 40% dari sebelumnya tingkat hunian hanya 15-20% meningkat menjadi 60%.

?Beberapa kegiatan (tamu) juga dari Jakarta kemarin, dengan protokol pencegahan Covid-19 pastinya. Adanya PSBB ini akan berdampak pada ekonomi. Info dari beberapa hotel juga sudah ada tamunya yang cancel,? kata Herryadi, Sabtu (12/9/2020).

Pihaknya berharap agar kegiatan-kegiatan yang sudah berjalan saat ini dapat tetap berjalan agar industri pariwisata dapat bangkit kembali. Meski demikian sangat diperlukan kesadaran masyarakat dan juga bagi mereka yang datang ke DIY agar mematuhi protokol kesehatan Covid-19 yaitu wajib memakai masker bagi siapapun didalam melaksanakan aktivitasnya, tidak berkerumun, selalu menjaga jarak satu dengan yang lainnya dan rajin mencuci tangan.

Pihaknya juga mendukung program Dinas Pariwisata melalui Kabupaten/Kota dalam melaksanakan verifikasi penerapan protokol kesehatan Covid-19 hotel di wilayah DIY yang dilaksanakan melalui gugus tugas dan juga PHRI. Hal ini akan sangat bermanfaat agar dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi tamu yang menginap ataupun yang melakukan kegiatan di hotel.

?Kami berharap setelah dilakukan verifikasi, manajemen hotel wajib secara konsisten menerapkan protokol tersebut. Demikian juga dengan kesehatan bagi karyawan hotel wajib mendapat perhatian, hingga saat ini sudah beberapa hotel yang sudah diverifikasi di wilayah DIY, begitu juga dengan tempat-tempat wisata,” tandasnya. (den)

 

 

 

 

  

Leave A Reply

Your email address will not be published.