Berita Nasional Terpercaya

Heri Hermawan: Google Memudahkan Praktisi Coach Berkolaborasi dengan Klien

0

Bernas.id – Profesi seorang coach atau pendamping bukan hanya harus mampu untuk bisa mengarahkan klien untuk memperbaiki kehidupannya. Namun dibutuhkan juga kemampuan untuk menata catatan klien maupun merepresentasikan percakapan selama sesi interaksi, serta mengajak klien berkolaborasi dalam mencapai tujuannya. 

Hal ini diungkapkan oleh Heri Hermawan, S.Psi, CPC, seorang coach profesional dari Asa Berdaya, dalam sebuah webinar yang bertajuk ?Maximizing the Impact of Counseling and Coaching With Google Ecosystem?. Alasan Heri memilih ekosistem dengan pemakaian aplikasi-aplikasi dalam Google perlu dilakukan oleh para coach profesional karena dua alasan penting. 

Beragam Fasilitas Tanpa Bayar  

Hampir semua orang saat ini memiliki akun Google yang terintegrasi dalam gawai pintarnya. Google memberikan berbagai fasilitas dalam bentuk aplikasi-aplikasi yang tidak perlu tambahan biaya untuk mengaksesnya. Seorang coach bisa mengakses aplikasi tersebut di multi gawai, bisa di laptop/PC, tablet, maupun ponsel.

Kolaborasi dengan Klien

 Salah satu aplikasi yang didemonstrasikan oleh Heri adalah Google Keep yang bisa dipakai untuk memberikan catatan atau daftar tugas yang menjadi komitmen klien. Catatan tersebut bisa ditambahkan dengan reminder atau pengingat tentang janji bertemu dan dibuat berbeda warna sehingga bisa membedakan antara klien yang satu dengan yang lainnya. 

Kemudian, catatan dalam Google Keep bisa ditambahkan kolaborasi dengan akun Gmail klien, sehingga klien bisa mencentang secara mandiri dari daftar tugas, komitmen apa saja yang sudah diselesaikan. Dalam hal ini karena coach dan klien bisa saling berkolaborasi, klien pun bisa menambahkan teks baru yang bisa dilihat oleh coach dalam waktu yang bersamaan

Heri menegaskan bahwa coach yang profesional memiliki komitmen bukan untuk mempertahankan klien. Dalam setiap sesi konsultasi bertujuan bukan untuk mencegah ketergantungan klien kepada coach, tetapi justru untuk memaksimalkan dampak sehingga akhirnya klien akan merekomendasikan coach kepada teman atau keluarganya. 

Perangkat Google bisa membantu coach dalam meningkatkan pelibatan aktif secara penuh dari klien, mencatat perkembangan klien, serta membuat klien merasa berperan dalam perubahan yang dilakukan dalam hidupnya. (TAF)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.