Berita Nasional Terpercaya

Satu Mahasiswa Positif Covid-19, Kampus UIN Lockdown Tiga Hari

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Satu mahasiswa Prodi llmu Alquran dan Tafsir UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dinyatakan positif Covid-19 setelah melakukan tes usap di Jakarta. Hasil tes usap keluar pada tanggal 5 September 2020 dan mahasiswa tersebut sudah mendapatkan perawatan. 

Untuk tiga hari kedepan tanggal 14-16 September 2020, dosen dan tenaga 
kependidikan Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, melakukan karantina mandiri atau bekerja dari rumah.

Ketua Satgas Covid-19 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Munir mengatakan, selama tiga hari ke depan akan dilakukan penyemprotan desinfektan ke Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. “Penyemprotan desinfektan secara merata selama lockdown fakultas. Mengapa kampus melakukan lockdown? Karena untuk kehati-hatian,” jelasnya, Senin (14/9/2020).

Munir mengatakan mahasiswa yang bersangkutan meninggalkan Yogyakarta pada tanggal 23 Agustus 2020. “Dokter kita sudah melakukan komunikasi dengan Puskesmas Depok Sleman. Setelah dilakukan analisa, apakah kontak erat pada tanggal 23 Agustus dengan sejumlah mahasiswa, masuk kategori masa inkubasi penularan?” ujarnya.

“Pihak puskesmas menyatakan lebih dari 14 hari, tidak menunjukkan gejala, dinyatakan posisi aman, tidak perlu rapid. Tidak ada yang menunjukkan gejala,” terangnya.

Tracing lainnya, lanjut Munir, mahasiswa tersebut juga melakukan kontak komunitasnya, tapi juga dinyatakan aman, tidak perlu rapid karena tidak ada gejala yang menunjukkan Covid-19.

“Langkah ke depan, kita akan memperketat mahasiswa masuk kampus kalau tidak ada alasan yang masuk akal. Menggunakan handsanitizer jika menerima atau memberikan dokumen di kampus,” imbuhnya.

Munir mengungkapkan lockdown tidak akan mengganggu aktivitas kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta karena belum ada kuliah tatap muka. “Tidak apa-apa, tidak mengganggu aktivitas dan manajemen kampus karena bekerja di rumah,” tutupnya. (jat)

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.