Berita Nasional Terpercaya

Lampaui Target Sensus Penduduk Online, Pemkot Yogyakarta Raih Penghargaan

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta meraih penghargaan dari Badan Pusat Statistik (BPS) pusat atas prestasinya sebagai Kota dengan capaian Respond Rate yang melebihi target dalam pelaksanaan Sensus Penduduk Online tahun 2020.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung kepada Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti usai audensi BPS bersama Walikota, bertempat di Balaikota, Selasa (15/9/2020).

Kepala BPS Kota Yogyakarta, Harjana mengungkapkan, bahwa pelaksanaan Sensus Penduduk Tahun 2020 dirancang dalam dua tahap, yakni Sensus Penduduk secara online yang sudah dilaksanakan sejak 15 Februari hingga 29 Mei 2020, sedangkan tahap kedua dilaksanakan sensus lanjutan dengan sistem wawancara mulai 1-30 September mendatang.

“Pelaksanaan sensus online sudah berakhir. Kota Yogyakarta menjadi salah satu kota dengan response rate atau partisipasi masyarakat yang sukses melampaui target BPS Pusat,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, dia juga meminta dukungan Pemkot Yogyakarta beserta jajaran untuk mensukseskan sensus penduduk lanjutan yang tengah dilakukan. Dimana, pelaksanaan sensus yang dikemas secara mendatangi ke rumah dengan metode wawancara dikhususkan untuk mereka yang belum mencatatkan diri saat sensus online.

Ditambahkan Harjana, bahwa BPS dan Pemkot Yogyakarta saat ini sedang melaksanakan koordinasi dalam rangka turut berpartisipasi penyediaan data pelaksanaan survei dampak Covid-19.

“Sehingga secara umum kita dapat mengetahui tanggapan masyarakat dan perilaku masyarakat selama Covid-19, serta bisa diketahui keinginan dan kebiasaan masyarakat di massa kehidupan era baru (new normal) sebagai langkah awal merancang kebijakan,” terangnya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Walikota Yogyakarta mengucapkan terima kasih kepada BPS dan seluruh masyarakat Kota Yogyakarta yang telah ikut andil dalam pendataan dengan antusiasme yang tinggi.

?Tentunya sensus penduduk ini merupakan langkah awal untuk mewujudkan bank data sebagai dasar dalam menentukan kebijakan dalam menciptakan kesejahteraan rakyat, terlebih di masa pandemi Covid-19? jelasnya.

Haryadi mengingatkan kepada masyarakat yang belum melakukan sensus online masih bisa melakukan secara langsung dan meminta kepada petugas sensus untuk mendata.

?Untuk masyarakat Kota Yogyakarta yang kemarin belum bisa melakukan sensus penduduk secara daring atau online masih bisa dilayani dengan pendataan langsung oleh petugas,? pungkasnya. (cdr)

 

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.