Berita Nasional Terpercaya

Pedestrian Malioboro Diharapkan Terwujud Tahun Depan

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID ? Pemda DIY kini sedang mematangkan dan memperkuat formulasi rencana uji coba kawasan semi pedestrian Malioboro mulai dari manajemen lalu lintas, pemenuhan kantong parkir, penataan sirip-sirip dan sebagainya pada Oktober 2020. Ditargetkan, kawasan semi pedestrian Malioboro tersebut  bisa terwujud atau pada 2021 mendatang.

?Secara garis besar sedang kita siapkan formula uji coba kawasan semi pedestrian Malioboro yang masih harus akan diperkuat lagi. Formulasi tersebut mulai dari manajemen lalu lintasnya, penyediaan kantong parkir, penataan sirip dan sebagainya di kawasan Malioboro,? jelas Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DIY Ni Made Dwipanti Indrayanti, Jumat (18/9/2020).

Menurut Made, dengan melakukan pembatasan kendaraan bermotor untuk melintasi kawasan Malioboro maka dampaknya besar tidak hanya di ruas jalan utamanya semata, tetapi disekitarnya. Untuk itu, pihaknya harus memikirkan kebijakan pengadaan kantong-kantong parkir terutama kendaraan besar seperti bus pariwisata dan sebagainya, karena sangat penting dalam penataan semi pedestrian Malioboro termasuk penataan transportasinya.

?Kami masih akan meminta arahan dari Pak Gubernur jika formulasinya sudah fix nantinya. Semisal menerapkan manajemen lalu lintas sistem satu arah modifikasi, penambahan kantong parkir, pengaturan sirip-sirip hingga noda transportasinya di kawasan Malioboro,? imbuhnya.

Ia menegaskan pihaknya tidak semata-mata memikirkan formulasi uji coba kawasan semi pedestrian tetapi dampak sosial dan ekonominya. Kawasan Malioboro merupakan pusat perdagangan dan perekonomian di DIY sehingga tetap harus ada aktivitas ekonomi sehingga harus berkoordinasi dengan Pemkot Yogyakarta dan komunitas warga sekitar.

?Yang utama bagi Dishub adalah penyediaan kantong parkir yang permanen di kawasan Malioboro yang merupakan bagian dari sumbu filosofi,” katanya.

Ia menambahkan, pihaknya perlu mencari potensi kantong parkir lain di luar untuk memadai kebutuhan kantong parkir jika kawasan semi pedestrian Malioboro diberlakukan.

“Kita ingin mengatur mobilisasi di kawasan Malioboro dengan nyaman sehingga perlu dipikirkan fasilitas tempat parkir yang memadai,? tandasnya. (den)

 

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.