Berita Nasional Terpercaya

Pemda Didesak Tingkatkan Perlindungan Dokter, Perawat dan Tenaga Kesehatan Lainnya

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Hasil kontak tracing terkini yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah DIY mendapatkan 53 kasus baru positif Covid-19 pada Jumat (19/9/2020), yang membuat total kasus positif COVID-19 di DIY menjadi 2.037 kasus.

Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto menyatakan, adanya penambahan jumlah kasus positif wajib direspon oleh pemda dengan memastikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat tetap optimal. Namun, perlindungan terhadap tenaga kesehatan juga harus ditingkatkan.

“Adanya data yang update dan valid kita harapkan bisa pastikan pitulungan pelayanan kesehatan kepada masyarakat berjalan baik dan optimal, terus jalankan disiplin protokol kesehatan agar senantiasa sehat,” kata Eko Suwanto, Sabtu (19/9/2020).

Sesuai data yang dikeluarkan Pemda DIY, distribusi 53 kasus baru itu berdasarkan domisili di Kota Yogyakarta dengan 16 kasus, Kabupaten Bantul dengan 5 kasus, Kulon Progo 3 kasus, Gunungkidul nihil dan Sleman dengan 29 kasus.

Sementara distribusi kasus berdasarkan riwayat, dari screening karyawan kesehatan ada 4 kasus, hasil kontak tracing kasus ada 38, perjalanan luar daerah 1 kasus, periksa mandiri 3 kasus dan masih dalam penelusuran ada 7 kasus.

Eko menyatakan, meski masih cukup tersedia jumlah kamar rawat inap dari 27 RS rujukan Covid-19 di DIY, tetapi manajemen RS harus memastikan pelayanan kesehatan tetap maksimal.

“Sistem kesehatan harus terus diperkuat. Pemerintah harus tunjukkan komitmen lebih untuk lindungi dan berikan jaminan keselamatan dan kesejahteraan bagi dokter, perawat, semua tenaga medis dan tenaga kesehatan di DIY,” tegasnya.

Ia mengingatkan, jangan sampai sistem kesehatan kalah oleh kecepatan penambahan pasien positif. Menurut Eko, jika sistem kesehatan kolaps, akan berbahaya bagi keselamatan pasien positif.

“Kepada masyarakat, ayo terus disiplin jaga kesehatan, tetap pakai masker bagi yang beraktifitas di luar rumah, rajin cuci tangan pakai sabun,” pintanya. (den)

 

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.