Berita Nasional Terpercaya

Jabar Maksimalkan PSBM, Tekan Penularan Covid-19

0

BANDUNG, BERNAS.ID – Pemprov Jawa Barat (Jabar) melalui Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat, akan memaksimalkan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) untuk menekan angka keterpaparan covid-19.

Menurut Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, penerapan PSBM yang telah dilakukan disejumlah tempat di Jabar dinilai berhasil menekan angka penularan kasus Covid-19.

“Penerapan PSBM akan dibantu dengan unit edukasi dan unit pengawasan yang akan dibentuk di tiap kabupaten/kota. Kota Bogor menjadi proyek percontohan dua unit tersebut,” kata Ridwan Kamil, yang sering disapa Kang Emil ini, Jumat (18/9/2020).

Kang Emil, juga memastikan sejumlah hotel di berbagai daerah sudah bersedia memberikan fasilitas isolasi menyusul adanya kebijakan Pemerintah Pusat yang mengharuskan terduga Covid-19 diisolasi di tempat khusus.

“Hotel-hotel sudah banyak yang bersedia di zona-zona yang kami anggap perlu dalam menindaklanjuti kebijakan terkait kepada suspect atau dulu namanya PDP untuk diisolasi khusus,” ucapnya.

Dia juga meminta Pemerintah Pusat membantu Jabar dalam tes PCR agar dapat mengejar target WHO 1 persen dari total jumlah penduduk, karena saat ini Jabar telah mampu menguji 50 ribu sampel PCR per minggu. 

“Karena penduduk Jabar hampir 50 juta jiwa atau terbanyak di Indonesia, angka tersebut dinilainya masih kurang. Dengan bantuan Pemerintah Pusat, kapasitas tes PCR Jabar diharapkan menjadi dua kali lipat,” ujarnya. (*/cdr)

 

 

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.