Berita Nasional Terpercaya

Ini yang Harus Dilakukan Dahlan Muda ketika Menjadi Mahasiswa

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Dekan Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, Elli Nur Hayati, MPH, Ph.D, Psikolog, mengatakan, saat ini universitas adalah dunia baru bagi Dahlan Muda.

Mereka baru saja lepas dari masa putih abu-abu dan beranjak ke tempat yang berbeda. Berbagai hal baru akan dihadapi. ?Oleh karena itu, Dahlan Muda mau tidak mau harus beradaptasi,? kata Elli, Minggu (20/9/2020).

Dalam sesi perkenalan fakultas pada Program Perkenalan Kampus (P2K) daring Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, Elli Nur Hayati sempat memberikan sedikit tips cara beradaptasi dari siswa menjadi mahasiswa.

Pertama, menurut Elli, Dahlan Muda terlebih dahulu harus sadar. ?Bukan lagi menjadi siswa, tetapi mahasiswa,? tandasnya.

Bagi Elli, kini Dahlan Muda sudah jadi siswa yang maha. Mahasiswa adalah siswa tingkat tertinggi di sekolah paling tinggi yang disebut perguruan tinggi yang harus memiliki kelebihan dalam berbagai hal dibanding siswa biasa.

Kedua, selama menjadi mahasiswa, Dahlan Muda akan dibentuk menjadi pribadi yang lebih matang, mandiri, dan bertanggung jawab. ?Oleh karena itu, Dahlan Muda dituntut mengelola diri sendiri tanpa bergantung pada orang lain,? kata Elli.

Kelola diri itu, kata Elli, bisa dimulai dari yang bersifat personal seperti bangun tidur sendiri sampai urusan perkuliahan, misalnya mengatur jadwal kapan harus kuliah, mengerjakan tugas, mengikuti kegiatan organisasi kampus, dan sekadar bermain bersama kawan-kawan.

?Jadi, sudah siapkah menjadi mahasiswa, Dahlan Muda?? papar Elli Nur Hayati. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.