Berita Nasional Terpercaya

Jangan Lakukan Hal ini Jika Tidak Ingin Gemuk

0

BERNAS.ID – Sarapan menjadi bagian terpenting sebelum melakukan berbagai aktivitas. Tubuh membutuhkan energi didapatkan dari makanan bergizi sekaligus meningkatkan konsentrasi. Kalau ingin mendapatkan manfaat sarapan yang maksimal tentu saja harus memilih menu makanan yang sehat.

Namun, ada kekhawatiran pemilihan menu dan porsi makan yang tidak tepat membuat tubuh menggemuk. Sarapan dapat menyehatkan bila porsi dan komposisi nutrisinya seimbang. Kegemukan terjadi apabila porsi makan banyak mengandung banyak lemak. Apalagi setelah sarapan malah rebahan atau kurang gerak. 

“Yang membuat kelebihan berat badan intinya adalah energi yang masuk lewat makanan lebih banyak dari yang dikeluarkan,” ungkap ahli nutrisi Emilia E. Achmadi dalam konferensi pers daring, Rabu (23/9/2020) seperti dikutip dari Antara. 

Menurutnya, sarapan dengan porsi banyak dan jenisnya salah seperti kebanyakan asupan lemak maka lemak hanya akan menumpuk di tubuh. Apalagi tidak bergerak dan tidak pernah berolahraga. Demikian pula saat melewatkan sarapan, seseorang akan merasa sangat lapar di siang hari sehingga bisa lebih kalap makan. Ada kecenderungan makan siang dalam porsi yang besar. Hal inilah yang juga akan memicu kegemukan karena porsi makan yang tak terkontrol. 

Ia menambahkan kuncinya adalah makan teratur dalam porsi dan asupan nutrisi yang sesuai. Siapkan menu sarapan yang tinggi protein seperti telur dan susu. Jangan lewatkan karbohidrat untuk menu sarapan. Emilia mengingatkan makan tidak teratur, menyantap makanan yang tidak ideal nutrisinya, dan mengabaikan gaya hidup sehat akan membuat berat badan mudah naik. 

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh American Journal of Epidemiology (2003), orang yang melewatkan sarapan berisiko lebih tinggi mengalami obesitas. Hal itu karena seseorang akan menyantap makanan dalam porsi banyak untuk menghilangkan laparnya. Terlebih lagi yang berpikiran asal porsi banyak dan mengenyangkan. Yuk, mulai kebiasaan sarapan sehat dari sekarang agar daya tahan tubuh terjaga dengan baik. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.