Berita Nasional Terpercaya

60 Pabrik di DIY Berisiko Tinggi Sebarkan Covid-19

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Sebanyak 60 pabrik di DIY dinilai berisiko tinggi untuk penyebaran Covid-19. Untuk mengantisipasi terjadinya penularan, Pemda DIY terus memantau pelaksanaan protokol kesehatan dan penggunaan Jogja Pass sebagai alat bantu tracing.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi DIY, Aria Nugrahadi, menjelaskan 60 pabrik tersebut tergolong berisiko tinggi karena banyaknya jumlah pekerja di satu titik. ?Satu titik bisa 3.000 pekerja, misal salah satu di pabrik rokok ada sekitar 1.200 pekerja,? jelasnya, Kamis (24/9/2020).

Jenis pabrik yang berisiko tinggi ini diantaranya pabrik tekstil, makanan dan rokok, yang kebanyakan berlokasi di Gunungkidul. Pemantauan protokol kesehatan dilakukan setiap hari secara bergantian oleh Pengawas Ketenagakerjaan DIY. ?Secara berkala kami juga lakukan uji sampel,? ujarnya.

Ia meneruskan, dari pantauan itu, pabrik berisiko tinggi sudah cukup patuh pada protokol Kesehatan. Jika ditemukan beberapa kekurangan, pabrik diminta untuk segera melengkapi, semisal jumlah wastafel yang masih sedikit sehingga belum memenuhi kebutuhan seluruh pekerja.

Selain pemantauan, pabrik dengan risiko tinggi ini juga diminta menggunakan Jogja Pass, aplikasi buatan Pemda DIY untuk memudahkan pendataan dan tracing masyarakat. Meski interaksi dengan orang luar relatif kecil, Jogja Pass di pabrik lebih difokuskan pada beberapa bagian tertentu seperti bagian bongkar-muat, sirkulasi dan lainnya.

Dari 60 pabrik tersebut, ia mengklaim semuanya telah menggunakan Jogja Pass, setelah pihaknya bersama Dinas Komunikasi dan Informatika DIY mengadakan sosialisasi teknis beberapa waktu lalu. ?Jika terjadi penularan bisa langsung berkoordinasi dengan Satgas,? katanya.

Di masing-masing pabrik tersebut kata dia, juga telah memiliki Satgas Covid-19 yang bertugas khusus untuk antisipasi dan penerapan protokol Kesehatan. Sejauh ini, ia mengungkapkan belum ada laporan penularan terjadi di 60 pabrik ini. (den)

 

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.