Berita Nasional Terpercaya

Jalur Gowes Susur Kampung Kota Jogja Diluncurkan, Ada 5 Rute yang Bisa Ditempuh

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Pemkot Yogyakarta melakukan soft launching Jalur Sepeda Gowes Susur Kampung Kota Yogyakarta, Jumat (25/9/2020) di kawasan Bendung Lepen Kotagede. Ini disertai dengan launching aplikasinya di Jogja Smart Service (JSS)

“Sangat menyenangkan perjalanannya,” kata Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, yang ikut bersepeda dari Rumah Dinas Walikota di Timoho hingga Bendung Lepen Kotagede, melewati berbagai kampung wisata di Kota Jogja.

Menurut Haryadi, ini dilakukan sebagai upaya bersama memajukan wisata Yogyakarta. Saat ini menurutnya adalah momen yang tepat, karena banyak warga yang gemar bersepeda di tengah pandemi Covid-19.

“Karena itu kita siapkan lima jalur wisata sepeda, nanti akan kita tambah lagi,” kata Haryadi.

“Harapannya menjadwalkan setiap Jumat, kita keliling di jalur wisata Kota Jogja bersama (komunitas) Jogja Bike dan Jogja Folding Bike,” sambungnya.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Windarto Koeswandono mengatakan, saat ini sudah ada 5 rute sepeda yang bisa dinikmati wisatawan maupun masyarakat di Kota Yogyakarta.

Rute-rute tersebut digagas bertujuan untuk membuat wisatawan tidak hanya menikmati bersepeda di rute yang sudah biasa seperti Malioboro dan Tugu Yogyakarta saja.

“Ada destinasi tertentu yang itu patut untuk dikunjungi. Jadi ini bisa sebagai panduan kira-kira wisatawan mau kemana pakai sepeda,” ujarnya.

Berikut rute-rute yang bisa dilalui wisatawan sepeda:

Rute Romansa Kota Lawas

Rute pertama yang akan dilalui wisatawan pesepeda bernama Rute Kota Lawas atau dalam arti bahasa Indonesia rute Kota Lama. Jalur ini akan dimulai dari Jalan Suroto Kotabaru dan berakhir di Bendung Lepen Yogyakarta.

Dari rute tersebut, wisatawan akan melewati daerah Kotagede, Singosaren, Situs Warungboto Rejowinangun, hingga sentra jamu. Jarak tempuh rute ini sepanjang 13,33 km.

Rute Tilik Jeron Benteng

Rute kedua ini akan dimulai dari Pasar Klithikan hingga berakhir di area Pasar Ngasem dekat Kraton Yogyakarta. Sepanjang rute tersebut, wisatawan akan disuguhkan pemandangan kuliner pagi Pasar Ngasem, Taman Sari, hingga Alun-alun Kidul. Jarak tempuh rute ini sepanjang 8,68 km.

Rute Jajah Kampung Susur Sungai

Rute selanjutnya menggunakan nama Jajah Kampung Susur Sungai. Seperti namanya, rute sejauh 6,55 km ini akan melewati kampung-kampung di tepi sungai di Kota Yogyakarta.

Rute ini akan diawali dari Jalan Jenderal Sudirman hingga menuju Museum Monumen Diponegoro.

Dari kawasan timur Kali Code Jembatan Gondolayu, pesepeda akan ke barat, lalu ke arah Jalan Dr Sarjito, terus menuju Jetisharjo ke Taman Robin.

Taman Robin sendiri merupakan taman dengan konsep Internet of Things yang dikembangkan dalam sistem penyiraman tanaman otomatis.

Kemudian, selesai di Taman Robin, wisatawan akan melewati tepian sungai sampai Ruang Terbuka Hijau (RTH) Karangwaru.

Setelah itu, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan ke Kampung Sayur, dan berakhir di RTH Becak Maju yang merupakan akronim dari Kelurahan Bener dan Kricak Maju. Baru selanjutnya melewati Jalan Bener hingga sampai di Museum Diponegoro.

Rute Jajah Kampung 2

Rute ini dimulai dari Museum TNI di Jalan Urip Sumoharjo dan berakhir di Makam Wijaya Brata di Umbulharjo. Pesepeda bisa melihat suasana perkampungan di tengah pusat kota Jogja yang lumayan padat.

Salah satu spot menarik dalam rute ini adalah Embung Langensari. Selain itu pesepeda juga melewati Taman Bakung di daerah Baciro. Jarak tempuh rute ini adalah 6,52 km.

Rute Taman Pintar

Rute terakhir adalah rute Taman Pintar, dengan jarak tempuh 6,17 km. Start dimulai dari Taman Pintar, dan berakhir di Taman Pintar 2 di Jalan Sorogenen.

Rute ini melewati beberapa kampung wisata seperti Prawirodirjan, Keparakan, dan Brontokusuman. Tak lupa, penggemar gowes juga akan melewati Lapangan Sidokabul. (den)

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.