Berita Nasional Terpercaya

Wiku Sebut Peningkatan Kasus Positif Baru Akibat Kegiatan Calon Kepala Daerah

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan penambahan kasus positif baru Covid-19 terus mengalami peningkatan. Pada Kamis (24/9/2020) terjadi penambahan kasus positif sebanyak 4.634 dan total keseluruhannya mencapai 262.022 kasus. Sejak awal pekan ini, setiap harinya dilaporkan orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 menembus angka 4.000 orang. 

Menurutnya, kondisi ini memprihatinkan karena penambahan kasus baru akibat dari kegiatan Pilkada Serentak 2020. Satgas Penanganan Covid-19 begitu prihatin dengan adanya calon kepala daerah yang masih mengadakan acara-acara yang berpotensi menimbulkan kerumunan di tengah pandemi Covid-19. 

“Apapun alasannya, wakil rakyat yang dipilih oleh rakyat sudah sepatutnya, wakil rakyat yang dipilih oleh rakyat, betul-betul dapat melindungi rakyatnya, keselamatan rakyatnya, sehingga semua pesta demokrasi bisa dijalankan dengan baik,” terang Wiku saat jumpa pers di Kantor Presiden, Kamis (24/9/2020). 

Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 harus dilaksanakan dengan adanya pandemi Covid-19. Bahkan, harus berhati-hati karena penularan virus corona mudah terjadi antarorang terlebih saat ada kerumunan dan tidak memakai masker. Wiku menyampaikan Satgas Penanganan Covid-19 mengapresiasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang dengan tegas merevisi peraturan KPU dan menerbitkan sanksi bagi para calon kepala daerah yang berencana menggelar acara dan berpotensi menimbulkan kerumunan orang. 

Pada kesempatan itu, ia kembali mengingatkan bahwa acara-acara yang melibatkan banyak orang dapat dilakukan secara daring. Wiku menyebutkan dalam PKPU No. 13 Tahun 2020 menyatakan, “Seluruh kegiatan yang berpotensi mengundang kerumunan, seperti gelaran konser musik, bazar hingga perlombaan sepenuhnya dilarang. Kegiatannya bisa dilakukan dalam bentuk lainnya seperti virtual atau online”. 

Calon kepala daerah dan masyarakat saling berkomitmen untuk melindungi masyarakat dalam proses Pilkada Serentak 2020. Meskipun angka kesembuhan pasien positif covid-19 terus meningkat setiap harinya, namun penambahan kasus positif baru juga harus ditekan. Apalagi kasus positif aktif di Tanah Air masih mencapai 60.064 orang per 24 September 2020. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.