Berita Nasional Terpercaya

4 Strategi Pemasaran Serta Penerapannya yang Ampuh Datangkan Pelanggan

0

Bernas.id ? Pemasaran merupakan unsur vital di dunia perbinisan. Tanpa pemasaran, bisnis tidak akan berkembang. Bayangkan jika perusahaan hanya fokus memproduksi, tanpa melakukan promosi? Untuk mendistribusi pasti berkembang lambat. Tak bisa dipungkiri peran promosi memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan sebuah perusahaan.

Bagi perusahaan besar mudah saja melakukan promosi, terlebih untuk iklan di televisi. Serahkan saja pada perusahaan periklanan, persoalan terselesaikan. Namun, bagaimana dengan pengusaha yang masih merintis usahanya? Bagaimana memasarkan produknya agar dikenal banyak orang?

Era digital sudah sepatutnya memanfaatkan digitalisasi dalam semua hal. Termasuk dalam dunia bisnis. Jadi selain memasarkan secara konvensional, juga menghadirkan iklan digital. Sehingga memperluas jangkauan pasar. Beberapa pengusaha menggunakan media sosial sebagai market. Tak sedikit juga yang memanfaatkan Website sebagai target. Kegigihan dalam berusaha, akan membuat sebuah usaha berkembang pesat.

Menurut sebuah teori Matrix Ansoff yang dikembangkan oleh matematikawan Igor Ansoff, merujuk pada empat strategi pemasaran dasar. 4 strategi tersebut dihasilkan dari dua variabel umum, yaitu produk baru vs produk yang sudah ada dan pasar baru vs pasar yang sudah ada. Seorang pengusaha maupun perusahaan bisa menerapkan salah satu dari empat strategi tersebut. Atau bisa dengan mengombinasinya secara berkala.

Berikut 4 strategi tersebut serta pengaplikasiannya:

1. Market Penetration

Merupakan strategi untuk pertumbuhan perusahaan dengan meningkatkan penjualan dari produk yang sekarang ada, untuk segmen pasar yang sudah ada tanpa mengubah produknya. Dalam strategi ini pengusaha atau perusahaan berusaha meningkatkan pangsa pasar untuk produk yang sudah ada. Mengerahkan cara menjaring konsumen lebih banyak lagi. Cara ini dinilai tidak berisiko dibanding tiga strategi lainnya. Pengusaha harus menata konsep, bisa dengan copy writing yang menarik, dilengkapi visualnya yang mendukung. Sehingga lebih banyak mendatangkan konsumen.

2. Market Development

Merupakan strategi bagi pertumbuhan perusahaan dengan mengembangkan pasar yang baru dengan produk yang sudah ada. Sukses di satu pasar, perlu menjajaki pasar yang lain. Memperluas jangkauan pasar yang berbeda, tentunya dengan strategi yang berbeda pula. Perlu pendekatan dan riset terkait algoritma pasar tersebut, untuk menghasilkan yang maksimal.

Sebagai contoh jika Anda memiliki sebuah perusahaan di bidang tekstil, pakaian dan kerudung misalnya. Dalam stategi ini Anda tidak menambah produk, namun hanya perlu pemasaran di market yang berbeda. Jika selama ini Anda sudah melakukan promosi di Facebook, Anda perlu mencoba mengiklan di Instagram, Facebook Ads, Instagram Ads, Tik Tok, dan market place lainnya.

3. Product Development

Adalah sebuah strategi yang dilakukan oleh perusahaan dengan menawarkan produk yang baru dimodifikasi ke segmen pasar yang sekarang ada. Sebagai contoh jika Anda ingin menerapkan strategi ini yaitu perusahaan Anda mengeluarkan variasi produk baru yang dipasarkan ke market yang sudah ada. Saat menciptakan produk baru, sebaiknya ada hubungan atau keterkaitan dengan produk lama. Jika Anda memiliki bisnis hijab, Anda bisa membuat produk baru misalya hijab dengan bahan dan bentuk yang berbeda. Sehingga Anda tidak kesulitan mencari customer lagi, mengingat telah memiliki prospek di bisnis Anda.

4. Diversification

Adalah strategi pemasaran perusahaan memulai dan mengakuisisi bisnis di luar produk dan juga pasar yang sudah ada bagi perusahaan. Stategi ini merupakan paling berisiko dibanding ketiga stategi di atas. Dalam hal ini perusahaan memanfaatkan produk dan pengetahuan pasar yang ada saat ini untuk mengembangkan produk dan pasar yang baru.

 

Saat Anda dalam proses mengembangkan bisnis, perhatikan proses pemasaran dan 4 strategi di atas. Keempatnya efektif, tergantung produk dan juga potensi pasarnya. Selamat mencoba.

Leave A Reply

Your email address will not be published.