Berita Nasional Terpercaya

Foto Liputan Covid-19 Karya PFI Jogja Hadir di FKY

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID ? Puluhan foto karya fotografer dari Pewarta Foto Indonesia (PFI) menjadi bagian dari pameran Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) 2020. Karya foto bertema ?Covid-19 Dalam Lensa Jurnalis? terpajang di Museum Sonobudoyo, dan dapat dinikmati secara online (daring) dan offline (luring) hingga FKY 2020 selesai, pada 26 September 2020.

Kurator Pameran Ulet Ifansasti menjelaskan, foto-foto yang dipamerkan adalah karya pewarta foto Jogjakarta yang meliput perkembangan Covid-19 di DIY. Peristiwa yang ditampilkan sepanjang bulan Maret hingga September 2020.

?Para jurnalis yang berpameran adalah mereka yang dalam kesehariannya selama pandemi meliput berita foto yang berhubungan dengan Covid-19 di DIY,? jelasnya.

Ia menuturkan awalnya ada sekitar 300 foto yang didaftarkan dengan angle yang berbeda. Setelah diseleksi, terpilih sekitar 100 foto untuk dipamerkan.

?Cukup sulit memilih foto yang memang layak kami tampilkan pada pameran ini,? katanya.

Ia menambahkan, pameran foto ini sengaja dihadirkan untuk menunjukan kepada masyarakat bahwa pewarta foto termasuk dalam kelompok rentan di tengah pandemi Covid-19 ini. Mereka tetap merekam momen secara langsung dari dekat dengan pengetahuan penanggulangan risiko terpapar Covid-19.

?Kami juga memiliki rasa takut dan khawatir, terlebih saat telah kembali ke rumah bertemu keluarga. Tetapi tetap kami jalani sebagai bentuk pertanggung jawaban pemberitaan kepada publik,? tambahnya.

Salah satu pewarta foto Dwi ?Oblo? Prasetyo menuturkan, pihak FKY secara khusus meminta PFI Jogja untuk ikut meramaikan festival tahunan ini.

?FKY memang meminta PFI Jogja untuk pameran karena PFI dianggap memiliki foto-foto jurnalistik paling lengkap yang berkaitan dengan virus Corona mulai awal sampai sekarang,? jelasnya.

Oblo berharap pameran ini dapat mengedukasi masyarakat tentang bahaya Covid-19. (den)

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.