Berita Nasional Terpercaya

Masyarakat Antusias Menjajal Tol Pekanbaru-Dumai, Sebabkan Antrian Panjang di Pintu Tol

0

PEKANBARU, BERNAS.ID – Pasca diresmikan secara virtual oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat kemarin (25/9/2020),Tol Pekanbaru-Dumai (Tol Permai), secara resmi sudah bisa dipergunakan oleh masyarakat hari ini mulai pukul  06.00 WiIB. Antusias warga cukup tinggi untuk mencoba jalan Tol yang pertama kali beroperasi di Propinsi Riau.

Dari pemantauan Bernas.id di lapangan, tepat pukul 08.00 terlihat Antrian panjang di pintu Tol Dumai Menuju Pekanbaru. Masyarakat begitu bergembira menyambut jalan tol yang memperpendek jarak tempuh Pekanbaru – Dumai, sebelumnya berjarak 200 KM jika melalui jalan nasional menjadi 131,5 Km jika ditempuh lewat Tol.

Menteri PUPR, Basuki Hadimulyono dalam sambutannya menjelaskan selain tol PERMAI yang sudah siap diresmikan selanjutnya menyusul jalan tol Kayu Agung ? Palembang sepanjang 40 KM, bersamaan dengan itu pada Selasa tanggal (29/9/2020) akan dilakukan juga groundbreaking mulai bekerjanya pembangunan jalan tol Palembang ? Betung sepanjang 70 Km.

?Tol PERMAI sepanjang 131,5 KM ini dibangun untuk menciptakan pusat-pusat ekonomi baru. Tol ini memiliki 6 buah simpang susun, 5 buah underpass (terowongan) untuk gajah sehingga menciptakan harmoni pembangunan infrastruktur di kawasan konservasi,? jelas Basuki.

Basuki juga menyampaikan bawah segera akan ditandatangani pula beberapa perjanjian kerja sama antara Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan BUJT untuk jalan tol Betung – Jambi sepanjang 190 KM, jalan tol Pekanbaru – Rengat ke arah selatan menuju Jambi sepanjang 175 KM, dan dari Rengat menuju Jambi sepanjang 190 KM. Pembangunan ini ditargetkan selesai pada akhir tahun 2023 sehingga kota Lampung ? Pekanbaru sudah dapat tersambungkan.

?Tol Pekanbaru – Dumai merupakan tol pertama yang hadir di Bumi Lancang Kuning yang dilengkapi dengan underpass perlintasan gajah pertama di Indonesia yang tetap menjaga ekosistem,? tambah Basuki.

Jalan Tol Pekanbaru ? Dumai terbagi dalam 6 seksi, diantaranya :

Seksi 1  : Pekanbaru ? Minas sepanjang 9,5 KM
Seksi 2  : Minas ? Kandis Selatan sepanjang 24,1 KM
Seksi 3  : Kandis Selatan ? Kandis Utara sepanjang 16,9 KM
Seksi 4  : Kandis Utara ? Duri Selatan sepanjang 26,25 KM
Seksi 5  : Duri Selatan ? Duri Utara sepanjang 29,40 KM
Seksi 6  : JC Duri ? Dumai sepanjang 25,44 KM

Sementara Presiden menambahkan dalam sambutannya bahwa jalan tol ini merupakan bagian dari jalan trans Sumatera sepanjang 2878 KM yang membentang dari Lampung hingga Aceh sebagai koridor utama. Tentu saja ini akan meningkatkan konektivitas antara ibu kota Provinsi Riau dengan kota Dumai sebagai kota pelabuhan dengan industri perminyakan dan agribisnis yang maju. Juga kawasan industri dan perkebunan lainnya.

Dengan adanya akses jalan tol ini akan memperpendek jarak tempuh kota Pekanbaru ? Dumai sehingga truk ? truk pengangkut sawit, pengangkut minyak, pengangkut logistik dan angkutan penumpang akan lebih efisien dari segi waktu maupun biaya.

?Saya mendapatkan laporan bahwa keberadaan jalan tol ini sudah mengundang minat investasi untuk mengembangkan usaha-usaha di sekitar jalan tol ini, seperti membangun kawasan industri, mengembangkan perumahan, mengembangkan fasilitas pariwisata. Tumbuhnya sentra-sentra ekonomi baru ini tentunya akan meningkatkan aktivitas perekonomian wilayah dan membuka lapangan pekerjaan lebih banyak lagi bagi anak-anak muda,? jelas Presiden Joko Widodo kepada tamu undangan.

Minat investor untuk ikut mendukung pembangunan daerah seperti ini harus direspon dengan cepat sehingga pemerintah daerah dan masyarakat bisa mendapatkan manfaat yang lebih banyak dari keberadaan infrastruktur yang dibangun oleh pemerintah.

“Saya pesan, menitipkan dan mengharapkan kepada pemerintah daerah dan masyarakat untuk memanfaatkan infrastruktur ini dengan sebaik-baiknya. Jadikan modal untuk mengembangkan lebih banyak lagi peluang-peluang usaha dan juga sarana untuk meningkatkan pemerataan kesejahteraan masyarakat,? tutup Presiden Joko Widodo mengakhiri pidatonya.  (Kontributor Riau : Eka Putera)

Leave A Reply

Your email address will not be published.