Berita Nasional Terpercaya

Perang Lawan Covid-19 Masih Panjang, TNI Siap Lakukan Ini

0

BERNAS.ID – Seluruh angkatan Tentara Nasional Indonesia (TNI) mendukung operasi kemanusian dalam upaya pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19. Selain itu, TNI membantu mendistribusikan peralatan kesehatan maupun vaksin ke berbagai daerah di Indonesia.

?Sejak awal penanganan covid-19, TNI mendukung semua langkah yang ditempuh pemerintah untuk mengendalikan penyebaran virus corona. Saya sudah bertemu dengan pimpinan dari seluruh angkatan di banyak daerah untuk meminta semuanya siap melanjutkan operasi kemanusiaan, termasuk ketika kelak harus mendistribusikan vaksin ke seluruh daerah,? kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat menerima kunjungan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo di Markas Besar TNI Cilangkap, Jakarta, pertengahan pekan ini.

Dilansir laman resmi Satgas Penanganan Covid-19 www.covid19.go.id, Minggu (27/9/2020), Panglima TNI menyampaikan semua peralatan yang dimiliki Angkatan Udara dan Angkatan Laut sipakan digunakan untuk mendistribusikan logistik kesehatan sampai ke pelosok tanah air. Prajurit TNI, lanjutnya, siap melaksanakan tugas bagi operasi kemanusiaan di tengah pandemi Covid-19 ini. 

Sementara itu, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan TNI untuk mendukung upaya penanganan mewabahnya virus corona di Indonesia.

?Sejak awal terbentuknya Gugus Tugas, TNI memberikan dukungan yang luar biasa. Pendistribusian alat pelindung diri bagi dokter dan petugas medis ke seluruh Indonesia pada awal Maret lalu bisa terlaksana berkat dukungan TNI,? ungkap Doni Monardo. 

Doni yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menambahkan TNI tidak hanya membantu turut menangani pasien positif Covid-19. Petugas medis termasuk para dokter dari Tim Kesehatan TNI di seluruh Indonesia telah ambil bagian dalam menangani masyarakat yang terinfeksi virus corona. TNI membantu merawat pasien di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Jakarta dan Pulau Galang. Tim Kesehatan TNI juga menangani di RS Indrapura di Surabaya.

Tingkat penularan Covid-19 dalam dua bulan terakhir mengalami peningkatan yang terlihat dari laporan kasus harian. Doni menyebutkan perjuangan perang menghadapi Covid-19 pun masih akan panjang, sehingga displin protokol kesehatan harus ditegakkan sebelum vaksin ataupun obat untuk Covid-19 ditemukan. Sependapat dengan Doni Monardo, Panglima TNI pun meminta semua komponen masyarakat terlibat melawan Covid-19 dengan cara disiplin menjalankan protokol kesehatan. 

“TNI sendiri sekali lagi siap untuk mendukung segala upaya dalam menghadapi wabah covid-19,? ujar Hadi Tjahjanto lagi. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.