Berita Nasional Terpercaya

Satgas Covid-19 Minta Jangan Takut Diperiksa daripada Membahayakan Orang Lain

0

BERNAS.ID – Penelusuran kontak kasus tidak mudah dilakukan karena masyarakat yang enggan terbuka terkait aktivitasnya ataupun riwayat perjalanannya. Tim Pakar Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 dokter Dewi Nur Aisyah menyampaikan bagaimana memahami potensi penularan virus corona untuk mencegah munculnya klaster baru. 

Menurutnya, apabila ada salah satu rekan kerja satu ruangan ataupun anggota keluarga positif Covid-19, maka semua wajib melakukan swab test. Selama hasil swab test belum keluar, semua wajib melakukan isolasi mandiri. Hal ini mengingat ada kasus positif tanpa gejala (OTG) atau bergejala ringan. 

“Harus paham potensi penularan dari siapa. Jika sudah ada gejala langsung pakai masker,” ungkap Dewi dalam talkshow bertema ?COVID-19 dalam Angka: Ragam Klaster di Indonesia” di Media Center Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Graha BNPB, Jakarta pada Selasa (30/9/2020) kemarin. 

Ia mengingatkan agar masyarakat tidak takut pada penelusuran kontak (tracing) dan tidak berbohong pada petugas karena dapat berlanjut penularan ke orang sekitar. 

“Jangan sampai ada kontak positif tapi menyembunyikan pada keluarga karena takut. Ini dampaknya bakal berbahaya,” tegasnya dilansir dari laman resmi Satgas Penanganan Covid-19. 

Dikatakan Dewi, masyarakat harus memahami penyebaran Covid-19 supaya bisa mencegah terjadinya klaster-klaster Covid-19. Protokol kesehatan yang penting dilakukan saat menerima kunjungan tamu dari luar adalah 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Ia mengingatkan untuk mengurangi kegiatan sosial di masyarakat karena ada risiko membawa virus ke rumah. 

Sebagai informasi, kasus konfirmasi positif Covid-19 bertambah 4.284 orang dan total keseluruhannya mencapai 287.008 per Rabu (30/9/2020). Adapun penambahan pasien sembuh mengalami peningkatan dan melampaui kasus positif baru, yakni sebanyak 4.510. Dengan begitu, total pasien sembuh secara nasional kini mencapai 214.947 kasus.

Kabar dukanya, masih dilaporkan ada 139 orang yang meninggal dunia akibat Covid-19, sehingga totalnya mencapai 10.740 kasus. Adapun, kasus aktif di Indonesia per hari ini sejumlah 61.321 kasus. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.