Berita Nasional Terpercaya

7 Tanda Seseorang Terkena Diabetes Mellitus

0

BERNAS.ID – Diabetes mellitus atau lebih dikenal sebagai penyakit gula, merupakan momok bagi masyarakat Indonesia. Namun, terdapat tanda-tanda atau gejala tertentu ketika seseorang terkena penyakit tersebut.

Penyakit diabetes mellitus sendiri merupakan penyakit metabolik karena kadar gula berlebih dalam darah. Apabila tidak dikelola dengan baik, penyakit tersebut dapat memicu penyakit komplikasi mematikan lainnya, seperti jantung koroner, stroke, dan gangguan pada mata, ginjal, dan saraf.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tanda-tanda awal ketika seseorang terserang penyakit gula tersebut. Hal itu dapat membantu mengurangi dampak lebih parah serta mendapatkan penanganan lebih cepat.

Di sisi lain, tanda diabetes mellitus sendiri tidak selalu mudah untuk dikenali karena penyakit tersebut berkembang secara perlahan. Berikut tanda seseorang terserang penyakit diabetes mellitus.

1. Frekuensi  Buang Air Kecil Meningkat

Kencing merupakan salah satu cara agar ginjal dapat membuang kadar gula berlebih. Akibatnya, penderita diabetes mellitus menjadi sering buang air kecil, bahkan pada malam hari. Lebih lanjut, volume air kencing yang dihasilkan oleh penderita dalam sehari dapat mencapai 5 liter.

2. Rasa Haus Berlebih

Rasa haus tersebut muncul sebagai akibat dari seringnya buang air kecil. Hal itu sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang.

3. Kelaparan

Rasa lapat tersebut muncul karena tubuh tidak bisa mengubah gula dalam darah menjadi energi. Akibatnya, mekanisme tubuh mengira bahwa ?mereka? belum diberi makan. Alhasil, penderita diabetes mellitus akan merasakan rasa lapar yang cukup hebat.

4. Penurunan Berat Badan

Meski rasa lapar menyerang terus-menerus, seorang penderita justru akan mengalami penurunan berat badan. Hal itu disebabkan karena hormon insulin tidak mendapatkan glukosa untuk sel tubuh. Sebagai gantinya, tubuh memecah protein dari otot atau massa tubuh.

5. Penyembuhan Luka Lambat

Luka, baik memar maupun luka biasa yang tidak sembuh dengan cepat merupakan tanda diabetes lainnya. Hal itu terjadi karena kadar glukosa dalam darah menghambat sel progenitor epitel atau EPC ketika menyembuhkan luka. Bahkan, bagian yang terlukan kadang perlu diamputasi bagi penderita penyakit diabetes yang sudah parah.

6. Pandangan Kabur

Salah satu akibat langsung dari kadar gula dalam darah tinggi ialah penglihatan menjadi kabur atau sesekali melihat kilatan cahaya. Apabila dibiarkan, hal tersebut dapat menyebabkan kebutaan.

7. Kesemutan

Kesemutan tersebut menandakan bahwa diabetes sudah menyerang bagian saraf. Kesemutan yang disertai sensasi rasa sakit seperti terbakar atau bengkak menjadi ciri khas. Apabila dibiarkan, saraf dalam tubuh akan rusak.

            Itulah tujuh tanda awal ketika kamu terserang diabetes. Apabila kamu mengalami satu atau beberapa gejala di atas segera hubungi petugas kesehatan. Kamu juga dapat mencegah datangnya diabetes dengan menerapkan pola hidup sehat.(snt)

Leave A Reply

Your email address will not be published.