Berita Nasional Terpercaya

Simpang Siur Google Meet: Gratis Atau Berbayar?

0

Bernas.id – Diskusi dan berita tentang Google Meet apakah gratis dan berbayar banyak bertebaran di dunia maya, sehingga menimbulkan kebingungan bagi pengguna. Terutama berkaitan dengan berakhirnya fitur Google Meet yang bisa diakses oleh semua akun Google pada tanggal 30 September 2020. Hal ini dibahas oleh empat fasilitator dari REFO Indonesia, yaitu Steven Sutantro, Gusman Adi, Suparman, dan C. Adi Nugraha dalam sebuah webinar Perubahan Kunci dari Google Meet.  

Histori Awal 

Google Meet merupakan sebuah fasilitas konferensi video yang pada awalnya hanya diperuntukkan oleh pengguna Google Suite (GSuite) Business dan pengguna Google Suite for Education dengan fitur yang berbeda. Sebelum pandemi, Google Meet hanya bisa diakses jika memiliki kedua akun tersebut. Dengan adanya pandemi, Google memutuskan pada bulan Maret 2020 untuk membuka fasilitas Google Meet untuk semua pengguna akun Google, baik yang akun Google pribadi, akun GSuite for Education maupun GSuite Business. 

Pahami Jenis Akun Google 

Untuk memastikan apakah akun Google yang dimiliki bisa mengakses Google Meet, maka pengguna harus paham jenis akunnya. Saat ini ada beragam jenis akun Google yang terdiri dari akun Google pribadi, GSuite Basic, GSuite for Education, GSuite Business, GSuite Essentials, GSuite Enterprise, dan GSuite Enterprise for Education. Setiap akun Google memiliki akses dan fitur Google Meet yang berbeda.

Perpanjangan Akses Google Meet untuk Akun Pribadi 

Samir Pradhan, Group Produk Manager dari Google Meet, memberikan pernyataan resmi dalam sebuah blog yang menegaskan Google akan memperpanjang akses Google Meet untuk akun pribadi hingga Maret 2021. Sehingga setelah 30 September 2020, pengguna yang memiliki akun pribadi, masih bisa menggunakan Google Meet untuk mengadakan pertemuan virtual dengan keluarga maupun kolega sampai waktu tersebut. 

Pengembalian Akses Google Meet Seperti Semula untuk Akun GSuite Basic dan GSuite for Education

Setelah 30 September 2020, maka institusi yang memiliki akun GSuite Basic dan GSuite for Education akan kembali memiliki akses Google Meet seperti kondisi semula, yang sebelumnya diberikan akses seperti GSuite Business yang bisa menampung 250 peserta rapat dan ada fasilitas live streaming. Fasilitas untuk merekam tetap tersedia dengan batasan hanya bisa disimpan selama 30 hari saja. Jika rekaman diperlukan bisa diunduh untuk pengarsipan. 

Google Meet merupakan fasilitas yang melengkapi GSuite, sehingga Google Meet tidak berbayar. Namun yang berbayar atau tidak adalah jenis akun yang dimiliki, apakah akun pribadi yang gratis atau akun GSuite yang berbayar. Saat ini, banyak sekolah di Indonesia saat ini telah memiliki akun GSuite for Education yang tidak berbayar. Menurut Ardi, berbeda dengan Zoom yang merupakan satu aplikasi konferensi video, GSuite merupakan sebuah ekosistem yang memungkinkan kolaborasi secara digital dengan Google Meet sebagai salah satu pendukungnya. (TAF)

Leave A Reply

Your email address will not be published.