Berita Nasional Terpercaya

Cegah Klaster Keluarga, Kementerian PPPA Susun Protokol Kesehatan Keluarga

0

BERNAS.ID – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak bersama Kementerian Kesehatan dan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menyusun Protokol Kesehatan Keluarga untuk panduan pencegahan dan pengendalian penularan Covid-19 di keluarga. Penularan Covid-19 bisa terjadi di mana saja terutama klaster keluarga. 

?Protokol ini mencakup 4 (empat) hal, yaitu protokol kesehatan dalam keluarga secara umum; protokol kesehatan ketika ada anggota keluarga yang terpapar; protokol kesehatan keluarga ketika beraktivitas di luar rumah; dan protokol kesehatan di lingkungan sekitar ketika ada warga terpapar,? terang Juru Bicara Kemen PPPA Ratna Susianawati seperti dikutip dari laman resmi Kemen PPPA kemenpppa.go.id, Senin (12/10/2020). 

Protokol Kesehatan Keluarga tersebut akan disosialisasikan dan disebarluaskan secara masif kepada masyarakat dengan menggandeng seluruh mitra Kementerian PPPA, antara lain Organisasi Perempuan, seperti Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE), Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), Dharma Pertiwi, Kongres Wanita Indonesia (KOWANI), Dharma Wanita Persatuan, Bhayangkari, Organisasi/Lembaga Masyarakat, Forum Anak, termasuk media massa. Sosialisasi juga akan dilakukan di tingkat daerah bersama dengan Dinas PPPA provinsi/kabupaten/kota.

?Kita semua tentu berharap pandemi Covid-19 ini segera berakhir dan bisa kembali ke tatanan kehidupan yang normal. Perempuan bisa menjalankan usahanya dan anak-anak bisa kembali ke sekolah. Untuk itu, saya mengimbau kepada masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, rajin mencuci tangan dengan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan selalu menggunakan masker,? sambung Ratna Susianawati. 

Penyusunan Prokokol Kesehatan Keluarga ini menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat Sidang Kabinet Paripurna tentang Penanganan Kesehatan dan Pemulihan Ekonomi untuk Penguatan Reformasi Tahun 2021 pada September lalu. Pada kesempatan itu, Presiden mengingatkan para menterinya untuk fokus bekerja mencegah penyebaran Covid-19. Secara khusus, Kepala Negara meminta untuk dilakukan upaya pencegahan meluasnya tiga klaster Covid-19, yakni klaster keluarga, klaster perkantoran, dan klaster pilkada.

?Fokus kita tetap nomor satu adalah kesehatan, adalah penanganan Covid-19, karena memang kuncinya ada di sini. Kesehatan yang baik akan menjadikan ekonomi kita baik,” kata Presiden Jokowi saat itu. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.