Berita Nasional Terpercaya

Begini Progres Pembangunan Pasar Prawirotaman Jogja

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Pembangunan lantai empat Pasar Prawirotaman telah mulai dikerjakan. Lantai rooftop pasar tersebut digadang-gadang jadi salah satu penggerak perekonomian ekonomi kreatif Kota Jogja. 

Kepala UPT Pusat Bisnis, Disperindag Kota Yogyakarta, Sri Riswanti menerangkan, jika saat ini lantai empat Pasar Prawirotaman masuki tahap pengembangan untuk pengisian konten. Rencananya, dari 16 subsektor ekonomi kreatif, 11 diantaranya akan mendapatkan tempat di rooftop Pasar Prawirotaman.

“Sekarang kan baru tahap develop untuk anggaran Danais yang Rp 2,5 miliar untuk pengisian konten di lantai empat, memang konsepnya di sana jadi kawasan ruang ekonomi kreatif untuk menggerakkan perekonomian khususnya Jogja sisi selatan,” ujar Riswanti, Rabu (14/10/2020).

Ia menjelaskan, 11 subsektor yang nantinya akan difasilitasi di rooftop Pasar Prawirotaman meliputi bidang kuliner, fashion, musik, pertunjukan, fotografi, permainan, dan sebagainya.

“Jadi nanti kita kembangkan 11 subsektor dalam satu ekosistem di rooftop Prawirotaman,” katanya.

Pembangunan berbagai infrastruktur rooftop Pasar Prawirotaman tengah dikebut. Ia menyebutkan jika target  pembangunan rooftop Pasar Prawirotaman selesai 25 November 2020. “Semuanya progres tapi belum ada yang 100 persen, tapi material, kemudian pengerjaan, semua jalan bareng. Nanti dari 11 subsektor itu pada akhirnya pekerjaan selesai 28 November semuanya selesai, sudah terisi, konten sudah template semua, sudah konsep semua pelayanannya, baru pembangunan dan pengisian ruang ekonomi kreatif di-setting semua,” imbuhnya. 

Terkait penggunaan fasilitas di rooftop Pasar Prawirotaman, para pelaku usaha dikenakan sistem sewa sementara untuk sebuah event atau pameran. Hanya 12 anjungan kuliner yang diperkenankan sewa tahunan, sisanya sewa dalam jangka waktu singkat per pameran saja. 

“Nanti yang display produk UMKM tentunya ada permohonan karena ruang-ruang itu kan semuanya ada tarif sewanya, jadi ditarif yang kita susun tarif komersial, non-komersial, jadi siapa yang mau display produk, event mandiri atau pun EO itu bisa difasilitasi,” terangnya. 

Ia meneruskan, yang ingin melakukan event pameran di situ bisa disediakan tempat, dengan sistem booking. Atau bisa ikut dari kegiatan yang diselenggarakan Pemkot Yogyakarta.

Ditegaskan Riswanti tarif sewa yang disusun memiliki keberpihakan. Dengan demikian UMKM warga binaan Kota Jogja dimungkinkan dapat memperoleh keringanan tertentu. “Nanti sampai dengan keringanan berapa diberikan dari sewa berlaku komersial, misalkan sampai 50 persen diberikan potongan untuk display atau sewa disitu,” terangnya. 

Kepala Disperindag Kota Yogyakarta, Yunianto Dwi Sutono menjelaskan, bahwa pemenang lelang proyek pengembangan lantai empat atau rooftop Pasar Prawirotaman diputuskan pada 30 September 2020. Adapun nominal anggaran dalam proses yang dimenangkan yakni senilai Rp 1,9 miliar.

“Kami berharap proses penggarapan rooftop untuk pelaku ekonomi kreatif ini tetap dapat dibangun dengan kualitas baik dan proses pembangunan selesai tepat waktu,” tandasnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.