Berita Nasional Terpercaya

Hal-hal yang Tak Boleh Sembarangan Dilakukan Saat Pandemi Covid-19

0

BERNAS.ID – Makin meluasnya penyakit akibat infeksi virus corona (Covid-19) memang menggegerkan masyarakat di seluruh penjuru dunia. Kekhawatiran dan ketakutan pun menghantui pikiran orang-orang karena penularan Covid-19 yang cepat. Upaya pencegahan tentu saja boleh dilakukan dan memang perlu melindungi diri dari paparan virus corona itu. Masih ingat kalau harga masker sempat melambung tinggi?

Harga masker melambung tinggi, hand sanitizer pun jadi langka, harga jahe yang dianggap bisa menangkal virus corona pun harganya jadi meroket. Adapula yang bepergian sudah menggunakan baju hazmat untuk melindungi diri. Waspada boleh tetapi tidak perlu berlebihan. Berikut hal-hal yang tak boleh sembarang dan berlebihan dilakukan di tengah pandemi Covid-19 menurut Bernas.id yang dihimpun dari berbagai sumber, Kamis (22/10/2020): 

Mengonsumsi vitamin secara berlebihan

Minum vitamin akan membantu meningkatkan daya tahan. Harapannya kalau sistem imun bagus memang akan aman dari serangan virus. Namun, tidak benar kalau akhirnya minum vitamin berlebihan karena berpikir makin banyak vitamin yang diminum tubuh bakal kebal dari virus. Justru berlebihan mengonsumsi vitamin malah bikin sakit perut, diare, muntah, sakit kepala bahkan dampaknya bisa sampai pada ginjal. Konsultasikan dulu pada dokter vitamin apa saja yang aman dikonsumsi mengingat kondisi kesehatan setiap orang berbeda-beda. 

Menggunakan masker sampai berlapis-lapis

Saat pemerintah mengumumkan ada WNI yang terinfeksi virus SARS-CoV-2, makin banyak orang yang memborong membeli masker. Masyarakat memang diminta untuk melakukan protokol kesehatan, yakni memakai masker. Kendati begitu, masyarakat bisa menggunakan masker kain atau masker medis. Tidak bijak jika menggunakan masker sampai berlapis-lapis sebab hanya akan menguras kantong saja. Setelah memakai masker, jangan lupa untuk tetap menjaga jarak (physical distancing) saat bertemu dengan orang lain.

Minum obat herbal yang belum terdaftar di BPOM

Belakangan jamu atau obat-obatan herbal laku di pasaran bahkan yang biasanya harga murah beruhan jadi mahal. Demi meningkatkan kekebalan tubuh, tak sedikit orang yang memilih untuk mengonsumsi obat herbal. Bahkan, ada yang percaya kalau jamu tradisional ampuh untuk melawan virus corona. Tak perlu gegabah minum bermacam-macam obat herbal yang belum terdaftar di BPOM. Jangan asal-asalan meracik jamu ataupun ramuan tradisional. 

Konsumsi antibiotik tanpa resep dokter

Minum antiobiotik supaya tubuh bisa menangkal virus corona? Ini adalah cara yang salah apalagi jika mengonsumsi antibiotik tanpa resep dari dokter. Covid-19 memang penyakit baru akibat infeksi virus corona tetapi antibiotik bukanlah obat yang tepat untuk saat ini. Antibiotik hanya ampuh bekerja untuk melawan bakteri bukan virus. Sedangkan corona masuk dalam kategori virus. Percuama saja diam-diam nekat mengonsumsi antibiotik. Sampai saat ini belum ada obat khusus untuk mencegah atau mengobati virus dari penyakit Covid-19.

Pakai pelindung mata 

Parah lagi kalau gegabah pakai kacamata renang demi melindungi paparan virus corona. Penularan memang bisa terjadi saat ada cairan yang mengenai mata, hidung, dan mulut. Tentu saja tidak perlu berlebihan layaknya tim medis yang menggunakan pakaian dan kacamata khusus untuk meminimalisir penularan virus corona. Anda bisa memakai face shield dan masker saja. 

Tak perlu panik berlebihan tetapi ikuti saja saran-saran dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, maupun ahli-ahli kesehatan terkait penanganan Covid-19 di Indonesia. Selain memakai masker dan jaga jarak, cuci tangan dengan sabun dan air bersih. Cuci tangan di tempat-tempat yang sudah disediakan adalah cara yang lebih tepat dilakukan daripada boros beli hand sanitizer. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.