Berita Nasional Terpercaya

Buku Profil TBY Dihadirkan Untuk Jadi Jendela Bagi Masyarakat

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Taman Budaya Yogyakarta (TBY) menghadirkan buku Profil Taman Budaya Yogyakarta ke tengah masyarakat. Lewat itu, Taman Budaya Yogyakarta selaku Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Kebudayaan (Tundha Kabudayan) DIY menempatkan posisinya sebagai jendela dari rumah besar bernama Jogja.  

Kepala Taman Budaya Yogyakarta Diah Tutuko Suryandaru mengatakan, jika upaya diterbitkannya buku profil sebagaimana tercermin pada logo Taman Budaya Yogyakarta, yakni “The Window of Yogyakarta”.  

“Melalui jendela inilah, siapa pun dapat memandang ke dalam Jogja dan Jogja dapat memandang apapun yang berada di sekitarnya. Taman Budaya Yogyakarta menjadi ruang tegur sapa yang representatif bagi terwujudnya dialektika kreativitas pemikiran intelektual sekaligus ekspresi artistik yang terpola dan terpadu,” ujar Diah, Minggu (25/10/2020).

Dengan latar itulah menurutnya Taman Budaya Yogkakarta dapat menjadi ruang dialektika antara karya para seniman dengan masyarakat. Di sinilah, pengembangan dan peningkatan apresiasi masyarakat terhadap kesenian dan kekayaan budaya terjalin. 

Selain itu, Taman Budaya Yogyakarta juga memproduksi kegiatan seni budaya dengan melibatkan para pelaku kesenian dan penyangga kebudayaan di masyarakat. 

“Untuk itu, informasi mengenai sejarah, tugas pokok dan fungsi, visi dan misi, ruang lingkup kegiatan, dan fasilitas pendukung Taman Budaya Yogyakarta menjadi penting untuk dikerahui dan dipahami khalayak,” terang Diah.

Sejak berdiri pada 1978, Taman Budaya Yogyakarta menurutnya hadir sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari derap langkah kehidupan kultural di Jogja. Taman Budaya Yogyakarta menjadi yang terdepan dalam melayani dan memfasilitasi produk-produk kreativitas masyarakat berbasis budaya. 

Lebih lanjut dijelaskannya, hadirnya buku Profil Taman Budaya Yogyakarta ini merupakan suatu upaya untuk memberikan gambaran dan pemahaman kepada masyarakat mengenai tugas pokok dan fungsi serta visi dan misi Taman Budaya Yogyakarta. Dalam melaksanakan tugasnya demi meningkatkan kualitas literasi masyarakat di bidang kebudayaan. 

“Melalui hal tersebut, diharapkan bahwa Taman Budaya Yogyakarta dan pelaku seni budaya dapat bersinergi dengan perannya masing-masing dalam pembentukan karakter masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta,” pungkasnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.