Berita Nasional Terpercaya

Libur Panjang, SAR Berkuda Akan Patroli di Pantai Selatan

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Badan SAR Nasional (Basarnas) Yogyakarta menyiagakan 56 personilnya untuk Siaga SAR khusus objek wisata pantai selama libur panjang dan cuti bersama 27 Oktober-2 November 2020. Istimewanya, dalam siaga SAR tahun ini, Basarnas menurunkan beberapa petugas berkuda untuk berpatroli di kawasan pantai selatan.

Kepala Kantor Basarnas Yogyakarta, Wahyu Efendi mengatakan, Siaga SAR ini digelar khusus untuk pengamanan libur panjang kali ini. “Sebanyak 56 personil akan disebar ke seluruh obyek wisata khusus pantai yang menjadi destinasi wisata. Personil Basarnas yogyakarta akan melaksanakan siaga patroli mobile di Pantai Sadeng, Pantai Wediombo, Pantai Indrayanti, Pantai Baron, Pantai Sepanjang, Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo, Pantai Depok, Pantai Gua Cemara, Pantai Baru, Pantai Trisik, Pantai Bugel, Pantai Glagah dan Pantai Congot,” jelasnya, Jumat (30/10/2020).

Wahyu menambahkan pada hari ketiga Siaga SAR, Tim Basarnas Yogyakarta akan melaksanakan patroli di Pantai Gua Cemara menggunakan Kuda. “Personil yang patroli akan menggunakan kuda milik warga di sekitar Pantai Gua Cemara. Petugas akan mengimbau kepada pengunjung untuk tetap mentaati protokol kesehatan serta tidak bermain atau berenang di laut mengingat Pantai Selatan DIY memiliki palung yang banyak dan ombak yang cukup tinggi,” terangnya.

“Siaga SAR ini menjalin koordinasi dengan berbagai pihak seperti TNI AL, DitPolair Polda DIY, dan Sar Linmas wilayah 1 serta 5. Kantor Basarnas juga memasang spanduk imbauan untuk mentaati protokol kesehatan dan untuk tidak bermain atau berenang di laut,” tutupnya. (jat

Leave A Reply

Your email address will not be published.