Berita Nasional Terpercaya

Sudah Musim Hujan, Ini Bahan Alami untuk Mengusir Nyamuk

0

BERNAS.ID – Tinggal di negara beriklim tropis akan hidup bersama nyamuk-nyamuk. Adanya nyamuk kadang kala begitu mengganggu apalagi ada jenis nyamuk yang bisa menularkan penyakit seperti malaria atau demam berdarah. Kita pun berupaya untuk mengusir nyamuk jangan sampai menyentuh tubuh bahkan sampai menghisap darah.

Saat ini memang ada beragam pilihan obat untuk pengusir nyamuk seperti lotion anti nyamuk, obat nyamuk bakar, obat nyamuk semprot sampai yang pakai listrik. Namun, daripada menumpuk asap dalam tubuh setiap hari, kamu bisa mencoba mengusir nyamuk dengan bahan alami.

Apalagi bahan alami lebih aman bagi tubuh khususnya anak-anak dan lansia karena tidak mengandung zat kimia ataupun racun. Berbeda dengan pemakaian obat nyamuk bakar yang dapat memicu sesak napas bila terpapar dalam jangka waktu lama. Bahan apa saja yang kamu gunakan untuk mengusir nyamuk? Inilah bahan alami yang bisa kita manfaatkan untuk mengusir nyamuk, dihimpun Bernas.Id dari berbagai sumber, Senin (2/11/2020): 

Serai

Manfaatkan daun serai untuk mengusir nyamuk. Caranya cukup mudah, potong beberapa batang daun serai dan letakkanlah di wadah terbuka. Letakkan di bawah ranjang atau sudut ruangan, semakin kering, daun serai akan makin ampuh mengusir nyamuk.

Kemangi

Tidak hanya sebagai lalapan saja, daun kemangi juga menjadi solusi mengusir nyamuk. Cukup oleskan daun kemangi yang sudah dicuci ke tangan, kaki, dan bagian tubuh yang tidak tertutup pakaian. Tanam kemangi di pekarangan rumah supaya bisa dimanfaatkan untuk lalapan maupun obat nyamuk. 

Kulit jeruk

Sama halnya batang dan daun serai, manfaatkan kulit jeruk untuk mengusir nyamuk. Aroma kulit jeruk biasanya juga digunakan berbagai produk lotion anti nyamuk. Usai makan buah jeruk, jangan buang kulitnya. Letakkanlah kulit jeruk yang sudah kering di beberapa sudut ruangan atau kamar tidur.

Air bawang putih

Bawang putih menjadi salah satu bumbu untuk memasak tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk. Caranya mudah, rebuslah bawang putih dengan air. Tunggu hingga dingin, kemudian masukkan ke dalam wadah semprotan. Semprotkan cairan bawang putih ke ruangan yang kerap diserbu nyamuk termasuk kolong meja, lemari, ataupun tempat tidur. 

Bahan-bahan alami tersebut mudah didapatkan dan mudah diolah sebagai cairan pengusir nyamuk. Selamat mencoba! (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.