Berita Nasional Terpercaya

HUT Bernas ke 74: Menjadi Media yang Terus Menginspirasi Harapan

0

Bernas.Id – Perkembangan teknologi informasi digital di abad 21 ini telah mengubah cara bagaimana manusia memperoleh informasi, dan seberapa cepat informasi tersebut tersedia. Hal ini tak luput dari perhatian Bernas.ID atau yang sebelumnya dikenal dengan Harian Bernas, yang merupakan salah satu penerbit koran cetak yang berpusat di Yogyakarta. Transformasi yang dilakukan Bernas.ID di tahun 2018, dengan menghentikan penerbitan koran cetak dan bermigrasi total ke platform media digital telah membawa Bernas.ID bertahan hingga mencapai usia tujuh puluh empat tahun di tahun 2020 ini. 

Sejarah Bernas Adaptif

Awal berdirinya Bernas erat kaitannya dengan peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 yang disusul dengan pemindahan ibukota dari Jakarta ke Yogyakarta pada tanggal 4 Januari 1946. Mr. Soemanang, yang merupakan tokoh pergerakan dan wartawan senior, mendirikan Harian Umum Nasional di tanggal 15 November 1946. 

Dunia politik Indonesia, perubahan aturan serta tragedi nasional seperti peristiwa G 30S/PKI turut mewarnai pasang surut pergerakan surat kabar ini. Namun, semangat dari para pendiri dan penerusnya, yang selalu menanamkan integritas, independen, dan profesionalitas, telah menyelamatkan harian hingga tetap terus beroperasi. 

Sempat berganti nama beberapa kali, dari Harian Bernas di tahun 1991, kemudian menjadi Harian Pagi Bernas Jogja di tahun 2004, hingga akhirnya di tahun 2015 dengan masuknya bapak Putu Putrayasa CEO dari Hebat Group Asia kembali menjadi Harian Bernas. 

Fokus Pada Inspirasi Harapan

Pasca migrasi total menjadi media daring di tahun 2018, Bernas.ID terus berbenah dan memperbaiki diri. Dengan tagline Bernas ?Inspirasi Bisnis dan Pribadi Bertumbuh?, maka Bernas.Id memposisikan diri bukan hanya sebagai penyedia informasi. Namun, ingin turut serta dalam membentuk generasi penerus bangsa yang terus bertumbuh, optimis, dan memiliki daya saing tinggi. 

Pandemi Covid19 yang menghantam dunia sejak akhir 2019 hingga sekarang, juga membawa perubahan pada atmosfer pergerakan media, baik cetak maupun digital. Bernas.Id menyadari hal ini dan saat ini tagline berubah menjadi ?Inspirasi Kemakmuran Bangsa?, dan menyajikan berita-berita yang bukan hanya terkini saja. Tetapi, juga memberikan inspirasi bagi para pelaku bisnis dan siapapun yang perekonomiannya terdampak akibat pandemi, untuk tidak putus asa dan terus mencari peluang. 

Di hari ulang tahunnya yang ke 74 ini, Bernas.Id memberikan inspirasi untuk terus melakukan terobosan dan agar tidak tergerus perkembangan zaman. Semoga kesuksesan selalu menyertai Bernas.Id di masa mendatang

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.