Berita Nasional Terpercaya

6 ASN DPKP DIY Terkonfirmasi Positif Covid-19

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Sebanyak 6 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dinyatakan positif Covid-19. Para ASN terdiri atas 3 laki-laki dan 3 perempuan .  

Wakil Kepala Dinas DPKP DIY, Syam Arjayanti mengungkapkan kasus bermula dari pegawai DPKP DIY berjenis kelamin perempuan (25 tahun) asal Batang, Jawa Tengah. “Pegawai ini pergi keluar kota untuk menghadiri acara keluarga pada cuti bersama akhir Oktober 2020 lalu. Ketika kembali berdinas usai bepergian keluar kota pada tanggal 2 November 2020 lalu, dirinya merasa kurang enak badan dan memutuskan untuk swab mandiri dengan hasil positif,” jelasnya, Rabu (18/11/2020).

Syam menyebut pegawai ini sempat berkantor dari tanggal 2-4 November dengan melakukan kontak langsung dengan rekan kerja yang berada satu ruangan dengannya. “Tanggal 5 November seluruh seksi tempat pegawai terkonfirmasi ini diwajibkan untuk Work From Home (WFH),” ujarnya. 

Syam pun segera melaporkan kasus ini kepada Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY serta Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta agar segera ditindak lanjuti. “Dari tracing yang dilakukan, merujuk pada 8 orang yang kontak langsung dengan pegawai terkonfirmasi positif tersebut, kemudian dilakukan swab. Dari 8 orang tersebut, 5 orang dinyatakan positif,” bebernya. 

Syam merinci kelima pegawai yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut, terdiri atas laki-laki berusia 30 tahun asal Sleman, laki-laki 58 tahun asal Bantul, laki-laki 32 tahun asal Kebumen, perempuan 25 tahun asal Nganjuk, dan perempuan 30 tahun asal Sleman. “Saat ini dari 6 terkonfirmasi positif tersebut, 1 orang isolasi di Asrama Haji, 2 orang di BPSDMP (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan), dan 3 orang isolasi mandiri,” katanya. 

?Mereka sebagian besar OTG. Jadi bisa diisolasi mandiri untuk proses penyembuhannya,” imbuhnya.

Untuk langkah-langkah yang ditempuh saat ini, Syam mengatakan satu ruangan bekerja dari rumah, melapor ke Gugas Covid-19 DIY, melapor ke Dinas Kesehatan, dan melakukan tracing serta swab. “Lingkungan kantor juga kita sterilkan dengan disinfektan. Kita perketat sterilisasi sampai masa inkubasi virus selesai,? tutupnya. (jat

Leave A Reply

Your email address will not be published.