Berita Nasional Terpercaya

Isi Kekosongan Jabatan, 22 Kepala Sekolah Dilantik

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Guna mengisi sejumlah kekosongan jabatan di satuan pendidikan SMA, SMK dan SLB, Pemda DIY melantik sebanyak 22 kepala sekolah pada Rabu (16/12/2020), di kompleks Kantor Gubernur DIY. Para kepala sekolah diingatkan bahwa tugas pada masa pandemi cenderung lebih berat.

Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji yang melantik para kepala sekolah menjelaskan, kekosongan jabatan tidak bisa terlalu lama, karena kehadiran pemimpin di satuan pendidikan sangat penting. ?Tugas (kepala sekolah) di masa pandemi lebih berat atau setidaknya berbeda dibanding masa sebelum pandemi,? katanya.

Ia menegaskan, sampai saat ini Pemda DIY belum membuka pembelajaran tatap muka karena mengedepankan keamanan dan kesehatan guru serta peserta didik. Pihaknya bersama Gugus Tugas Penanganan COVID-19 masih akan mengevaluasi dan melakukan pemantauan kondisi guna memberi rekomendasi kapan sebaiknya pembelajaran tatap muka dimulai.

?Saya harap dapat melaksanakan tugasnya sebaik-baiknya. Tugas administratif jadi tanggung jawab TU, sementara Kepala sekolah lebih banyak laksanakan tugas akademik,? ujarnya.

Selain kepala sekolah, Pemda DIY juga melantik 31 kepala tata usaha dan 49 pejabat fungsional. Adapun Pejabat Fungsional yang dilantik di antaranya guru, arsiparis dan lainnya. Sesuai arahan Kementerian Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, menurutnya ke depan Pemda DIY akan memperbanyak pejabat fungsional dibanding pejabat struktural.

?Pejabat fungsional lebih banyak lakukan kerja mandiri namun tetap dalam kerangka koordinasi dalam lingkup masing-masing. mudah-mudahan ini menjadi momentum untuk meningkatkan kinerja lebih baik dan berikan layanan terbaik kepada masyarakat,? harapnya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah DIY Amin Purwani menambahkan, dengan pelantikan ini, kekosongan jabatan untuk Kepala Sekolah dan kepala TU untuk SMA, SMK dan SLB di DIY sudah terpenuhi. Namun untuk pejabat fungsional kata dia, masih belum semua terpenuhi. Pejabat fungsional yang dilantik ini merupakan mereka yang telah memenuhi kualifikasi dan ujian teknis. ?Diharapkan dapat meningkatkan kinerja sekolah masing-masing sesuai kebijakan,? katanya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.