Berita Nasional Terpercaya

Mengulik Proses Produksi Wedang Uwuh Den Bagus, Minuman Khas Imogiri yang Berkhasiat Tinggi

0

Bernas.id ? Seduhan air yang terbuat dari bahan berkhasiat di antaranya yang terdiri dari jahe, daun cengkeh, kayu manis, daun pala, gagang cengkeh, kayu secang dan gula batu ini disebut dengan wedang uwuh. Minuman berwarna merah yang dihasilkan dari kayu secang ini merupakan minuman khas Imogiri, Kabupaten Bantul Yogyakarta. Di sanalah minuman yang nikmat disajikan saat panas ini pertama kali dikenalkan. Hingga saat ini wedang uwuh banyak diproduksi oleh masyarakat di Imogiri dan mendistribusikan ke wilayah Indonesia hingga ke mancanegara.

Wedang uwuh disebut juga sebagai minuman sampah, karena bahan-bahannya dibiarkan mengambang saat diseduh. Cita rasa dari minuman ini adalah pedas dari jahe dan segar yang dihasilkan dari beragam jenis daun yang lain.

Salah satu brand wedang uwuh di Imogiri adalah Wedang Uwuh Den Bagus yang terletak di Dusun Bulu, Desa Trimulyo, Kecamatan Jetis, Bantul Yogyakarta. Wedang Uwuh Den Bagus mengedepankan kualitas pada bahan, sehingga menciptakan rasa yang enak dengan aroma harum yang berkhasiat. Selain itu Wedang Uwuh Den Bagus menyediakan dalam berbagai varian, di antaranya varian original, instan, dan celup yang praktis dan mudah untuk dinikmati.

Dwi Karti Handayani selaku pemilik Wedang Uwuh Den Bagus mengaku sangat berhati-hati dalam proses produksi. Ia menggunakan gula batu kristal bubuk yang super. Kenapa menggunakan yang bubuk? Karena produksi menggunakan mesin sehingga memudahkan untuk prosesnya.

Jahe yang digunakan pun juga menggunakan standarisasi dengan kadar air 10-12%. Setelah diiris, jahe dijemur di bawah matahari selama tiga hari. Setelah itu masih melewati proses pengeringan di oven untuk mengurangi kadar air dan sisa-sisa bakteri saat penjemuran. Begitu juga dengan bahan yang lainnya.

Jika pasokan bahan tidak mencukupi, Bu Hani mengambil dari suplier. Namun, meskipun dari suplier sudah kering, masih diproses kembali dengan mencuci, mengeringkannya kembali. Hal ini dilakukan untuk menghasilkan produk yang berkualias. Bu Hani selalu memastikan yang terbaik untu hal produksi.

Varian original dari Wedang Uwuh Den Bagus ini dengan bahan yang utuh seperti yang dijual di warung-warung di Imogiri. Sementara untuk varian celup, bahan yang sudah dikeringkan lalu dikemas pada kantung celup. Cara menyeduhnya cukup mudah yaitu tinggal menyelupkan kantong celup pada air panas hingga air berwarna merah. Satu lagi varian yang praktis yaitu varian serbuk. Seperti minuman instan lainnya, bubuk wedang uwuh tinggal diseduh dengan air panas dan tidak ada dedaunan yang mengambang. Bedanya yang varian serbuk ini menggunakan gula pasir.

Bicara manfaat wedang uwuh sudah jelas karena terbuat dari rempah-rempah yang kaya akan khasiat. Wedang Uwuh Den Bagus ini bisa dikirim ke seluruh wilayah Indonesia dan luar negeri juga, lho. Kalau Anda suka yang varian mana? Minuman ini juga cocok digunakan sebagai cindera mata saat Anda berkunjung di Imogiri, Yogyakarta. (muu)

Leave A Reply

Your email address will not be published.