Berita Nasional Terpercaya

Pedagang Pasar Beringharjo Yakin Tetap Bisa Raih Untung di Libur Akhir Tahun

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Pedagang di Pasar Beringharjo sisi barat yakin mendapat kenaikan omzet yang cukup signifikan pada libur akhir tahun ini. Dengan demikian, dapat mengganti kondisi saat lebaran yang waktu itu hampir tidak ada transaksi karena masih awal masa pandemi COVID-19.

?Kami yakin dan percaya bahwa transaksi saat libur akhir tahun ini akan mengalami kenaikan. Harapannya, hasil sepanjang Desember ini dapat menggantikan omzet yang seharusnya juga meningkat saat Lebaran,? kata Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Beringharjo Barat Bintoro, Minggu (27/12/2020).

Bintoro menyebut, pengurangan libur cuti bersama pada akhir Desember tidak akan mengurangi minat wisatawan untuk berlibur di Kota Yogyakarta sekaligus berbelanja oleh-oleh di Pasar Beringharjo. Ia yakin, tidak semua wisawatan yang berniat libur panjang di akhir Desember adalah pegawai negeri.

“Aktivitas dan rutinitas masyarakat beda-beda. Masyarakat yang sudah berniat libur akhir Desember, pasti akan tetap datang ke Yogyakarta,? katanya.

Ia menilai, kenaikan jumlah pengunjung yang otomatis meningkatkan jumlah omzet pedagang sudah mulai terjadi dalam beberapa hari terakhir. Menurutnya, sudah banyak pengunjung pasar dari luar Jogja.

?Kondisi pasar pun berangsur-angsur mulai ramai,? katanya.

Sejumlah persiapan pun dilakukan pedagang, termasuk menambah stok barang dagangan sebanyak 30-40 persen dari stok harian. Terlebih, untuk barang yang saat ini sedang banyak dicari konsumen.

?Setelah sibori ini sedang jadi tren fesyen, banyak yang mencari. Tidak hanya anak muda tetapi juga orang tua. Harganya berkisar antara Rp75.000 hingga Rp100.000,” ungkap Bintoro.

Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengunjung saat berbelanja di pasar tradisional, menurutnya paguyuban bersama dinas terkait rutin melakukan pembersihan pasar serta memastikan fasilitas pendukung protokol kesehatan mencukupi.

?Sudah ada wastafel untuk cuci tangan. Pedagang pun menyediakan hand sanitizer. Disinfeksi dilakukan rutin. Ada imbauan untuk selalu memakai masker. Ini semua untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengunjung,? tandasnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.