Berita Nasional Terpercaya

Layanan Buy The Service, Teman Bus Trans Jogja Resmi Diluncurkan

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Pemda DIY secara resmi meluncurkan layanan Buy The Service (BTS) & Teman Bus Trans Jogja, Selasa (29/12/2020) secara daring. Melalui bantuan 44 armada bus baru dari Kementerian Perhubungan, Trans Jogja kini resmi melayani juga kawasan Kabupaten Sleman, dengan tiga trayek koridor baru.

Tiga koridor baru di Sleman itu yaitu koridor Ngabean-Taman Kuliner Godean, koridor Bandara Adisutjipto-Terminal Pakem dan koridor Terminal Condong Catur-UGM-Terminal Pakem. Ketiganya masih dapat diakses secara cuma-cuma hingga akhir tahun ini.

Wakil Gubernur DIY Sri Paku Alam X yang membacakan sambutan gubernur menyampaikan, sejak 2008 Trans Jogja memang dirancang untuk menjadi sistem angkutan umum unggulan menggantikan angkutan berbasis setoran menjadi sistem subsidi Buy The Service atau pembelian layanan secara non tunai. Hadirnya 44 armada baru lewat program BTS Kemenhub kini membuat Trans Jogja bisa melayani masyarakat di kawasan Godean, Ngaglik, dan Ngemplak.

“Dengan ini target cakupan (layanan Trans Jogja) sebesar 25 kecamatan telah terselesaikan,” katanya.

Ia menjelaskan, dalam bus baru terdapat fasilitas Black Box, GPS, beberapa CCTV di kabin, alat penghitung penumpang otomatis, sistem pembayaran non tunai otomatis, dan alarm yang bisa mendeteksi kecepatan tinggi. “Memiliki tingkat pengawasan yang akurat dalam memenuhi standar pelayanan minimal,” katanya.

Sementara, Teman Bus menurutnya adalah aplikasi baru yang bisa diunduh untuk mengetahui berbagai hal terkait Trans Jogja. Aplikasi layanan program BTS ini adalah kependekan dari Transportasi Ekonomis, Mudah, Andal dan Nyaman (Teman) Bus.

“Bisa untuk memantau jadwal maupun titik-titik kedatangan dan keberangkatan bus,” katanya.

Sementara itu Dirut PT Jogja Tugu Trans Agus Andrianto menjelaskan, tiga koridor baru di DIY dinamai Koridor 1 Rute Godean dengan 11 unit bus, Koridor 2 Rute Ngaglik dengan 16 unit bus dan Koridor 3 Rute Ngemplak dengan 17 unit bus. Tiga koridor baru itu sudah mulai diujicobakan sejak 2 Oktober 2020, dan terlihat banyak diminati masyarakat.

“Harapannya semakin banyak masyarakat yang menggemari dan senang naik bus ini,” katanya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.