Berita Nasional Terpercaya

Bank Sampah Ditargetkan Turunkan 5 Persen Sampah Kota Jogja

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta menargetkan bank sampah yang ada tahun depan mampu menurunkan volume sampah yang dihasilkan sekitar lima persen.

?Angka lima persen dinilai merupakan target yang realistis. Saat ini, bank sampah baru berperan menurunkan dua hingga tiga persen sampah yang dihasilkan,? kata Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta Haryoko, Rabu (30/12/2020).

Ia menerangkan, berdasarkan data, di Kota Yogyakarta saat ini tercatat sebanyak 481 bank sampah yang aktif. Upaya untuk memaksimalkan peran bank sampah guna menurunkan volume sampah dapat dilakukan dengan menjalin kerja sama dengan pemulung yang banyak tersebar di sejumlah tempat pembuangan sampah sementara.

Haryoko menyebut, untuk memaksimalkan peran bank sampah juga harus disertai dengan upaya untuk memberikan pemahaman guna mengubah mindset masyarakat dalam pengelolaan sampah sejak dari rumah tangga.

?Mengubah mindset tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Butuh waktu yang panjang, apalagi penduduk di Kota Yogyakarta sangat heterogen, banyak juga pendatang,” ujarnya.

Saat ini, lanjut dia, sebagian besar jenis sampah yang dikelola oleh bank sampah masih berupa sampah anorganik, sedangkan untuk pengelolaan sampah organik belum tergarap maksimal.

?Sampah organik bisa dikelola menjadi kompos. Terlebih, 60 persen sampah yang dihasilkan di Kota Yogyakarta adalah sampah organik sehingga ini menjadi perhatian bersama,? katanya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.