Berita Nasional Terpercaya

Debat Masalah Mengajar Bahasa Inggris, Lord Abdul Mendadak Trending

0

Bernas.id – Lord Abdul merupakan seorang content creator Tiktok dengan content belajar Bahasa Inggris, mendadak viral menjadi trending topic di media sosial khususnya Twitter dan Instagram. 
Ia trending lantaran ada netizen yang mengunggah cuplikan video perdebatan antara Lord Abdul dengan seleb Tiktok bernama Sukiyu.

Dalam cuplikan tersebut terlihat keduanya sedang melakukan live bersama dengan pembahasan tentang mengajar bahasa Inggris, namun bukan pembahasan yang santai dan mendidik namun justru perdebatan yang memanas. Di situ Suki mengatakan bahwa untuk menjadi seorang pengajar diperlukan sertifikasi yang resmi. Hal tersebut ditanggapi dengan tegas oleh Abdul.

“Tidak semua orang Indonesia mampu Mbak, untuk bisa kuliah di luar negeri, ataupun bayar kursus, bayar sertifikat,” tutur Abdul. Saya coba bantu mereka, saya ngasih tahu backround saya. Walaupun hanya SMA, saya pernah jadi kuli mbak. Walaupun saya dari kampung, saya berusaha mengajak mereka. Tidak usah minder walaupun pendidikan rendah. Ayo belajar, saya saja bisa yang lulusan SMA, kenapa kalian nggak?” tanya Abdul kepada Sukiyu.

Abdul kemudian mengatakan kalau seharusnya orang yang berkecukupan saling membantu menyebarkan ilmu bukan hanya mengkritik. “Nah Anda seharusnya yang anak komunikasi sudah banyak piagam, piala, berkecukupan seharusnya membantu orang juga. Untuk mengajarkan orang, jangan hanya mengkritik orang yang mengajarkan bahasa Inggris. Yang tidak sesuai selera dengan Anda,” lanjut Abdul.

“Ya tapi saya nggak berani ngajar ya karena itu kredibilitas,” jawab Sukiyu.

Belum selesai menjawab Abdul memotong jawaban Sukiyu. “Tidak semua orang yang bisa berbahasa Inggris bisa mengajar. Walaupun bersertifikat,” timpal Abdul lagi dengan tegas.

Perseteruan tersebut berawal dari Sukiyu yang mengomentari Lord Abdul saat mengajar.

Sukiyu menjelaskan kalau dirinya adalah murid jurusan komunikasi yang selalu melihat konteks kalimat. Ia kemudian mempertanyakan bagaimana Abdul bisa mengajar bahasa kalau ia nggak paham konteks.

“Saya adalah murid jurusan ilmu komunikasi. Dan setiap kali kami menganalisa kalimat, kami sellau melihat konteks. Bagaimana Anda bisa mengajarkan bahasa tetapi tidak mengerti konteks?”

Unggahan tersebut sontak mengundang perhatian banyak netizen ada yang pro dengan ucapan Abdul, akan tetapi ada juga yang setuju dengan pendapat Sukiyu. (asn)

Leave A Reply

Your email address will not be published.