Berita Nasional Terpercaya

Tahun Baru, Harga Kebutuhan Pokok DIY Stabil, Kecuali yang Satu Ini…

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID –  Harga bahan pokok di DIY pada awal tahun baru ini masih stabil. Namun, ada sebagian komoditi yang mengalami kenaikan karena beberapa faktor.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag DIY, Yanto Aprianto mengatakan, rata-rata harga bahan pokok masih sama.  Namun harga cabai mengalami kenaikan cukup signifikan.

“Hanya cabai yang naik. Komoditas yang lain relatif stabil, bahkan ada yang mengalami penurunan harga pasca libur Nataru,” ungkapnya, Sabtu (02/01/2021).

Kenaikan cabai menurutnya terjadi karena terganggunya produktivitas petani akibat kondisi cuaca yang tidak menentu. Ini membuat pertumbuhan cabai terganggu dan hasilnya tidak sesuai target.

“Ini memang masalah alam dan sudah sering terjadi. Ketika produktivitas suatu komoditi menurun apalagi termasuk bahan poko pasti akan mempengaruhi harganya,” katanya.

Terkait komoditas yang harganya masih stabil yakni beras IR seharga Rp 9.800 per kilogram, gula pasir Rp12.500 per kilogram, minyak goreng kemasan Rp14.000 per kilogram, daging sapi Rp 120.000 per kilogram, dan bawang putih kating Rp 26.000 per kilogram.

Sedangkan, bahan pokok yang mengalami penurunan harga yakni bawang merah. Biasanya, Rp 32.000 per kilogram kini menjadi Rp 26.000 per kilogram.

“Jumlah komoditas yang ada sekarang masih mencukupi untuk kebutuhan konsumen di DIY,” tandasnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.