Berita Nasional Terpercaya

Subsidi Kuota Internet Gratis Berlanjut di Tahun 2021, Kemendikbud Pastikan Akan Gunakan Cara yang Lebih Baik

0

Bernas.id – Keterbatasan kuota data internet bagi pendidik dan peserta didik adalah salah satu kendala yang dihadapi selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) berlangsung. Kerja sama serta koordinasi yang baik dari Kementrian Pendidikkan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan pemangku kepentingan lainnya membuat kebijakan subsidi kuota internet dapat terlaksana dengan lancar. Program bantuan kuota data internet merupakan kebijakan dari Kementrian Pendidikkan dan Kebudayaan untuk membantu siswa, guru, mahasiswa, dan dosen dalam menjalani pembelajaran jarak jauh atau secara virtual selama masa pandemi Covid-19.

Bantuan kuota data internet yang diterima terbagi menjadi dua jenis, yaitu kuota untuk belajar dan kuota umum. Subsidi kuota ini akan banyak membantu para pelajar dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah dan melakukan kelas virtual. Bantuan kuota internet telah diberikan setiap bulan dan dilakukan selama empat bulan sampai bulan Desember 2020.

Di tahun 2021, Kemendikbud juga akan melanjutkan program subsidi kuota internet tetapi dengan skema berbeda. Pemerintah sedang merumuskan besaran dan cakupan dari program tersebut. Program subsidi kuota tetap akan dilanjutkan lantaran masih banyak daerah yang belum membuka sekolah dan kampus sehingga pembelajaran masih dilakukan secara virtual atau jarak jauh.

Namun, banyak pelajar atau pendidik yang mengeluhkan karena dalam pembagian subsidi kuota internet dari Kemendikbud tidak merata. ?kok sejak bulan november gue udh ga dikasih subsidi kuota sm kemendikbud ya??? halo kemendikbud @Itjen_Kemdikbud halo halo bandung?. Tweet akun twitter @shafaaaraissa.

Melalui akun twitternya @izzanya16 juga menuliskan komentar, ?Bagaimana dg kuota siswa/guru yg tdk dpt Semester kmrn pak? Apkh guru dpt subsidi WiFi?. Dan semoga Guru Agama Islam di sekolah negeri diperhatikan jg oleh @Kemenag_RI @Itjen_Kemdikbud berkaitan PPG dan PPPK jk dianggap mmlk kontribusi thd pendd karakter?.

Pembagian subsidi kuota yang diberikan kepada pelajar dan pengajar di tahun 2021 akan berbeda dengan tahun sebelumnya. Melalui evaluasi yang dilakukan, banyak arahan, saran, kritikan dan dukungan kepada Kemendikbud agar menjadi lebih baik lagi. Kemendikbud juga memastikan akan berusaha membagikan dengan skema yang  lebih baik. Program bantuan kuota data internet memang layak untuk dilanjutkan karena sangat membantu pembelajaran secara virtual khususnya untuk masyarakat yang tidak mampu. (Eva)

Leave A Reply

Your email address will not be published.