Berita Nasional Terpercaya

Dewan Ingin PSBB Dilakukan Menyeluruh di DIY

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana menilai, langkah pemerintah pusat yang memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di beberapa wilayah sangat tepat. DIY juga diminta melakukan pembatasan kegiatan untuk 3 kabupaten, yaitu Gunungkidul, Sleman, dan Kulonprogo atas dasar beberapa kriteria kondisi. Pihaknya mengusulkan instruksi gubernur yang sedang disusun terkait itu bisa mengatur dan menetapkan PSBB untuk semua kabupaten/kota di DIY.

“Memang penularan Covid-19 di DIY akhir-akhir ini termasuk luar biasa, sehingga hampir semua rumah sakit dan tenaga kesehatan kewalahan. Saya mengusulkan sebaiknya pembatasan di DIY diperluas untuk 5 kabupaten kota, Kota Yogyakarta dan Bantul juga perlu dilakukan hal yang sama,” katanya, Kamis (7/1/2021).

Hal ini menurut Huda ini karena mobilitas warga DIY antar kabupaten kota sangat tinggi dan tidak bisa dipisah satu dengan yang lain. Ia mencontohkan, di Kota Yogyakarta kalau siang warga yang beraktivitas jauh lebih banyak dibandingkan malam, dan itu sebagian besar dari kabupaten lain di DIY.

“Bisa jadi warga beraktivitas di kota, tertular dan kembali ke tempat tinggalnya di Bantul atau kabupaten lain. Intinya kita perluas pembatasan untuk 5 kabupaten kota menurut kami akan jauh lebih efektif menurunkan kasus. Lebih baik menahan diri sementara waktu, kemudian bisa beraktivitas ekonomi lebih aman berikutnya,” katanya.

Selain itu pihaknya juga mengusulkan agar pembatasan ini diikuti screening massal di tempat-tempat berisiko tinggi. Screening masal ini mesti dirancang baik secara metodologi sehingga bisa efektif memotret keadaan.

“Screening ini kami usulkan kerjasama dengan UGM menggunakan alat GeNose temuan UGM yang sudah siap. Kita pinjam dulu alat yang sudah ada dan ready selama dua pekan atau sebulan sekaligus membuat pilot project screening massal di wilayah DIY menggunakan metodologi yang baik. Jika ditemukan kasus positif dalam screening diminta isolasi mandiri jika tanpa gejala, dan dilanjutkan swab dan perawatan jika bergejala,” jelas Huda.

Ia menambahkan, warga yang diminta isolasi mandiri jika memerlukan bantuan bisa dilakukan dengan mengaktifkan sistem sosial antar warga, tetangga membantu/dirawat oleh tetangga lain.

“Harapannya pembatasan aktivitas yang diikuti screening massal akan menurunkan kasus penularan Covid-19 secara signifikan,” tutupnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.